Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 03 April 2019 / 15:40 WIB

Garuda Indonesia GA 972 Mendarat Darurat di Sri Lanka, Ini Penyebabnya

SRI LANKA, KRJOGJA.com - Garuda Indonesia penerbangan GA 972 berpesawat Airbus A330 relasi Aceh - Jeddah dilaporkan mendarat darurat di Sri Lanka pada Selasa 2 April 2019 pukul 21.00 malam waktu lokal.

Pesawat itu mendarat di Bandara Internasional Bandaranaike (BIA) atau Bandara Colombo di ibu kota Sri Lanka.

Seperti dikutip dari media lokal Colombopage.com (3/4/2019), pesawat dengan 338 penumpang dan kru itu mendarat darurat akibat tekanan rendah pada kabin.

Sementara itu, seperti dikutip dari Daily Mirror, manajer yang bertugas di bandara menyatakan pesawat didaratkan setelah pilot menginformasikan kepada ruang kendali BIA perihal adanya asap di dalam pesawat.

Insiden tersebut berlangsung ketika pesawat Garuda Indonesia GA 972 sedang melintas di langit Sri Lanka menuju Jeddah, Arab Saudi dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh, Indonesia.

BIA telah membuat pengaturan khusus untuk mengerahkan truk pemadam kebakaran dan ambulans sebelum kedatangan penerbangan.

Colombo Page melaporkan bahwa total 338 penumpang dan kru GA 972 dalam kondisi selamat tanpa terluka usai mendarat darurat. Mereka telah dikirim ke hotel terdekat.

Pihak Garuda Indonesia mengatakan langsung mengirimkan pesawat pengganti pukul 12.30 WIB dari Denpasar untuk mengangkut penumpang dari Kolombo ke Jeddah. Sementara itu, insinyur penerbangan sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut atas insiden tersebut.(*)