Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 02 April 2019 / 10:52 WIB

Mengenal Motor Jadul Koleksi Museum Angkut Malang

MALANG, KRJOGJA.com - Museum Angkut Malang memiliki beragam koleksi antik di dalamnya, mulai dari deretan mobil hingga sepeda motor klasik. Yang cukup menarik dalam museum ini yakni keberadaan koleksi Voctoria, motor tertua lansiran 1925.

Dalam sejarah, sepeda motor jenis Victoria ini pada awalnya adalah perusahaan pembuatan sepeda yang berasal dari Nuremberg Jerman yang kemudian membuat sepeda motor pada tahun 1901 sampai 1966. Pada awal kemunculannya, Vicroria tidak menggunakan motor ciptaanya sendiri, melainkan menggunakan mesin yang dibuat oleh perusahaan lain hingga pada tahun 1925.

Menurut pemandu museum, Indra pada di era 1950 banyak sepeda yang menggunakan mesin atau biasa disebut mesin tempel. Salah satu mesin tersebut dipasang pada Victoria, dengan kapasitas 28 cc dan kekuatannya sebesar tenaga kuda.

Jenis sepeda klasik lainnya adalah Raleigh Bicycle Company, merupakan perusahaan sepeda yang berbasis nothingham Inggris yang didirikan oleh Woodhead Angois pada tahun 1888. Dalam sejarah, Raleigh menjadi produsen sepeda tertua di dunia.

“Namun setelah kepemilikannya dibeli oleh Frenk Bowden pada tahun 1888, namanya berganti menjadi Raleigh Cycle Company,” katanya.

Selanjutnya adalah Condor Motochasis, merupakan pabrik motor asal Swiss yang dibentuk pada tahun 1893. Pada awalnya, perusahaan ini membuat sepeda yang dikhususkan untuk militer Swiss.

Kemudian barulah pada tahun 1901, Condor memiliki motor pertamanya yang hanya memiliki 1,5 tenaga kuda. Sepeda motor ini dibuat pada tahun 1923 dan dijuluk sebagai 'moto chasis' dan dibekali sistem transmisi manual 3 percepatan.

Sementara menurut Indra, pada massanya sepeda motor tersebut juga sudah menggunakan 4 (empat) gigi. Selain itu sepeda motor tersebut memiliki dua fungsi dimana bisa digunakan dengan mesin juga bisa dengan cara digoes. (Ive)