DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 02 April 2019 / 10:18 WIB

SK 758 CPNS Diserahkan Besok

YOGYA, KRJOGJA.com - Penyerahan Surat Keputusan (SK) bagi 758 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemda DIY rencananya akan dilaksanakan, Kamis (04/04/2019) besok di Bangsal Kepatihan. Setelah menerima SK, sebanyak 758 CPNS tersebut nantinya akan langsung mengikuti latihan dasar yang dilaksanakan secara bertahap mulai 5 April.

"Rencananya Kamis besok, sebanyak 758 CPNS di lingkungan Pemda DIY akan menerima SK. Meski penyerahan SK ini antara daerah satu dengan lainnya tidak sama, misalnya Bantul sudah diserahkan sementara DIY belum. Bagi para penerima tidak perlu khawatir, karena tidak akan banyak berpengaruh. Mengingat perbedaan waktu penyerahan itu, lebih dikarenakan SK yang dikeluarkan dalam jumlah besar, sehingga BKN membutuhkan waktu dan kecermatan dalam membuat SK. Pasalnya, proses untuk mengeluarkan Nomor Induk Pegawai (NIP) juga membutuhkan pemberkasan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi.

Gatot Saptadi mengungkapkan, pelaksanaan latihan dasar ini dilaksanakan secara bertahap dan kapasitasnya mencapai 80 orang per gelombangnya. Harapannya akhir tahun 2019, pelaksanaan latihan dasar sudah bisa selesai. Sehingga mereka bisa segera menjalankan tugas yang diembankan kepada mereka dengan baik. Hal itu penting, karena di era globalisasi seperti sekarang tantangan yang harus dihadapi oleh ASN semakin kompleks. Untuk bisa eksis dean menjalankan tugas dengan baik mereka dituntut terampil, profesional dan bekerja secara optimal.

"CPNS yang akan menerima SK besok, merupakan kader-kader untuk mengisi birokrat milenial. Oleh karena itu, mereka dituntut mengikuti perkembangan zaman, yang mengarah ke teknologi informasi. Kecanggihan teknologi informasi ini menuntut efisiensi penggunaan SDM. Termasuk, seorang PNS harus multitasking, jadi 1 orang bisa mengerjakan banyak hal," tegas Gatot. (Ria)