Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Senin, 01 April 2019 / 16:21 WIB

Ngaku Anggota BIN, Tipu Bisa Meloloskan CPNS

SALATIGA, KRJOGJA.com - Khoirul Anam alias Muhamad Sulthan Al Farouq (35) warga Perum Sub Inti RW VII, Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir Salatiga diringkus polisi. Ia diduga menipu dan berhasil menggondol puluhan juta rupiah dengan menjanjikan korban menjadi CPNS. 

Keterangan yang dihimpun KRjogja.com, Senin (01/04/2019) di Polres Salatiga disebutkan tersangka mengaku anggota Badan Intelijen Negara (BIN) dan bisa memasukkan menjadi seorang CPNS kepada korban Jefferson Boangmanalu (52) warga Dukuh Tegalombo, Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo Salatiga, 2018 setahun lalu. Kemudian korban mendatangi rumah kontrakan tersangka di Dukuh Kenteng, Kecamatan Argomulyo, Salatiga. 

Tersangka mengaku dirinya bisa memasukkan CPNS Provinsi Jateng dan sudah biasa memasukkan orang dengan uang pelicin Rp 180 juta. Namun korban saat ini masih menyerahkan uang tahap pertama Rp 54 juta terlebih dahulu. Dengan perjanjian di atas meterai, korban menyerahkan uang tersebut untuk memasukkan anaknya menjadi CPNS, atas nama Lutfhi Selfia Anisa (26).Janji tersebut hanya aksi tipu-tipu yang dilakukan tersangka. 

Kapolres Salatiga, AKBP Gatot Hendro Hartono kepada wartawan di Polres Salatiga mengatakan dalam menjalankan aksinya untuk meyakinkan korban, tersangka mengaku anggota BIN. “Korban tertipu puluhan juta, apakah ada korban lainnya, kami masih mendalaminya,” tandas AKBP Gatot Hendro Hartono. (Sus)