DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 01 April 2019 / 12:22 WIB

Mau Lulus Ujian Nasional dengan Nilai Bagus?, Ikuti Tipsnya

HARI ini siswa Sekolah Menengah Umum (SMU) menghadapi Ujian Nasional dan pasti sudah melakukan persiapan guna menghadapi 'pertempuran' selama tiga hari ini. Beragam usaha dilakukan agar lulus dengan nilai terbaik. Mengurangi waktu bermain dan memperbanyak waktu belajar hingga ikut bimbingan belajar bersama teman-teman dilakukan agar dapat mengerjakan soal ujian nasional dengan mudah dan lancar. Agar bisa lulus dengan nilai terbaik, ikuti tips cara menghadapinya yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Atasi kelemahan diri sendiri

Punya kelemahan dalam mata pelajaran tertentu? Yang harus kamu lakukan bukannya malah takut dan semakin malas-malasan menghadapi ujian nasional. Kamu harus bisa mengatasi kelemahan diri sendiri dengan lebih banyak berlatih. 

Cara menghadapi ujian nasional mata pelajaran yang kamu anggap lemah adalah dengan menyediakan lebih banyak waktu untuk belajar dan berlatih soal mata pelajaran tersebut. 

Namun, bukan berarti kamu mengabaikan mata pelajaran lainnya, ya! Kamu tetap harus pandai membagi waktu untuk mempelajari semua mata pelajaran, tapi sediakan waktu lebih banyak untuk mata pelajaran yang sulit bagimu.

2. Pahami kisi-kisi ujian nasional


Beberapa bulan menjelang ujian nasional, gurumu akan memberikan sejumlah kisi-kisi ujian nasional mendatang. Cobalah untuk berkonsentrasi memahami kisi-kisi ujian nasional tersebut bersama teman-temanmu.

Jika ada yang tidak kamu mengerti, tanyakan kepada gurumu selagi kamu masih memiliki kesempatan untuk bertanya. Apabila gurumu tidak memberikan kisi-kisi ujian nasional, carilah kisi-kisi tersebut di internet atau bimbingan belajar.

3. Kerjakan latihan soal ujian nasional tahun-tahun lalu

Meskipun tidak sama persis, setidaknya soal ujian nasional tahun lalu bisa memberikan kamu gambaran mengenai mode soal ujian nasional mendatang. Dapatkan soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya dengan membeli buku kumpulan soal di toko buku atau browsing di internet. Setiap hari kamu bisa mengerjakan beberapa soal latihan untuk sekedar berlatih. 
Setelah mengerjakan, cocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban yang tersedia. Jika masih ada jawaban yang salah, pelajari letak kesalahanmu dan berlatihlah dengan soal serupa lainnya. Lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk mengerjakan soal-soal latihan dengan level ujian nasional seperti itu.

4. Temukan strategi belajar yang nyaman

Setiap orang memiliki strategi belajar masing-masing. Misalnya, kamu lebih suka belajar dengan menggunakan Teknik Pomodoro, strategi belajar selama 25 menit di mana dalam waktu tersebut kamu akan berkonsentrasi mempelajari semua poin-poin penting dalam materi belajarmu dan setelah 25 menit itu berakhir, kamu bisa refreshing sejenak selama 10 menit.

Akan tetapi, mungkin kawanmu lebih suka belajar dengan teknik memory place. Ini adalah teknik di mana kamu bisa menghafal dengan mudah, seperti ketika kamu diminta menghafalkan: Adi membawa 2 ikan, 5 apel, 4 pisang, dan 2 telur. 

Kamu akan menghafalnya dengan cara yang lebih mudah seperti: di sebuah piring ada 2 ikan dan 2 telur, lalu di keranjang ada 5 apel dan 4 pisang. So, setiap orang memiliki teknik belajarnya tersendiri. Kamu hanya perlu menemukan strategi belajar yang paling nyaman. Yang penting teknik belajar yang kamu pilih dapat membuatmu menghafal materi ujian nasional dengan baik.

5. Ikut bimbingan belajar

Salah satu cara menghadapi ujian nasional yang banyak dilakukan oleh siswa-siswi di Indonesia adalah ikut bimbingan belajar. Di dalam bimbingan belajar terdapat tutor yang akan menjelaskan tentang materi ujian nasional dan kamu juga bisa memperoleh soal-soal latihan ujian nasional. Bimbingan belajar dapat mengusir rasa bosan saat belajar karena di sini kamu akan belajar bersama dengan teman-teman baru. 

Di samping itu, soal-soal yang diberikan dalam lembaga belajar biasanya cukup variatif dan banyak. Kamu bisa memperoleh ilmu sekaligus teman baru ketika mengikuti bimbingan belajar sebelum ujian.

6. Disiplin dalam belajar

Menjelang ujian nasional, kamu tidak bisa mengandalkan belajar dengan sistem kebut semalam. Kamu harus mendisiplinkan diri untuk belajar setiap hari. Tentukan durasi waktu belajarmu sendiri, seperti 1-2 jam setiap hari. Belajarlah dengan durasi waktu yang sudah kamu tentukan.

Apapun aktivitas yang kamu lakukan, tinggalkan terlebih dahulu aktivitas tersebut saat waktu belajarmu sudah tiba. Kamu boleh menambah durasi waktu belajar, tapi jangan sesekali mengurangi durasinya agar kamu lebih disiplin. (*)