DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 31 Maret 2019 / 22:10 WIB

Pendidikan Keluarga Jadi Kunci Penanaman Nilai-nilai Al Quran

YOGYA, KRJOGJA.com - Penanaman nilai-nilai utama Al Quran dalam keluarga adalah tauhid, beribadah kepada Allah (sholat), hormat kepada orangtua, dan akhlak. Orangtua dalam pendidikan keluarga juga harus jujur kepada anak dan tidak mengajarkan kebohongan. 

"Anak cara berpikirnya konsolidasi, dan semua pertanyaan pasti ada jawaban yang tepat. Kecuali pertanyaan mustahil harus disikapi bijak," jelas Prof Dr H Yunahar Ilyas Lc MAg  saat Tarhib Ramadhan Yayasan Salman Al-Farisi Yogyakarta, Minggu (31/3/2019) di Gedung Multipurpose UIN Yogyakarta. 

Dalam takshow bersama pembicara lainnya Ir H Cholid Mahmud ST MT, dan moderator Moh Khoirudin MT PhD, Prof Yunahar meminta orangtua tidak boleh mendidik dengan syirik, takhayul agar anak bisa tumbuh dan beribadah dengan baik. "Nilai-nilai Al Quran wajib kita imani, baca, pahami, amalkan, ajarkan dan kita bela," tegas Ketua MUI ini. 

Sedang Cholid Mahmud anggota DPD RI mewakili DIY yang juga Anggota Dewan Dakwah Islam Indonesia di depan seribuan peserta, wali murid TB-KB-TK-SD-SMP IT Salman Al Faris menegaskan nilai-nilai Al Quran dalam keluarga bisa ditanamkan dengan memahami filosofi, ciri, contoh keluarga qur’ani. (M-3)