DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 30 Maret 2019 / 23:53 WIB

Liga Bola Basket Pelajar Jogja, SD Budi Utama Sandingkan Gelar Juara

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sekolah Dasar (SD) Budi Utama Yogyakarta sukses menyandingkan gelar juara Liga Bola Basket Pelajar Jogja 2019 kategori putra dan putri. Bertanding babak final di GOR Klebengan Sleman Sabtu (30/3/2019) tim Budi Utama mampu mengalahkan putra dan putri SD Teruna Bangsa. 

Pertandingan yang menggunakan waktu 4 x 10 menit bersih membuat sepanjang laga berjalan sengit. Tiap tim yang bertanding dituntut bermain dengan strategi matang untuk bisa meraih kemenangan hingga detik terakhir usai. 

Seperti terlihat di final kategori putra, skor akhir pertandingan hanya terpaut setengah bola yakni 82-81. Skor tersebut bahkan mendekati raihan rata-rata kompetisi bola basket profesional, IBL. 

Kedua tim yang bertanding di final saling berganti memimpin dengan margin yang sangat tipis. Baik Budi Utama maupun Teruna Bangsa mampu menyajikan permainan yang mengundang decak kagum ratusan penonton memadati GOR Klebengan. 

Kualitas kompetisi yang lebih baik pun diakui Kwe Sin Djwen (Jujun), pelatih Teruna Bangsa putra dan Thomas Raju Andika Sukoco, pelatih Budi Utama putra. Keduanya kompak mengatakan harus jeli bermain strategi agar bisa konsisten sepanjang empat kuarter. 

“Kompetisi ini menarik, anak-anak bisa maksimal menunjukkan kualitas karena waktunya bersih. Di sini terlihat sekali apakah anak-anak bisa bermain dan ternyata seluruh peserta yang saya lihat punya kualitas itu,” ungkap Thomas Raju usai pertandingan final. 

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Tonggo Perdana mengaku cukup puas dengan hasil akhir liga yang diputar untuk pertama kalinya ini. Ia berharap liga ini bisa diselenggarakan secara rutin kedepan dengan melibatkan lebih banyak sekolah di DIY. 

“Kami masih banyak kekurangan namun akan terus berbenah kedepan di kompetisi mendatang. Semoga kami bisa menggelar rutin, melibatkan banyak sekolah dengan kualitas liga yang semakin baik. Selamat kami sampaikan kepada para juara, dan semoga yang belum juara semakin greget tahun depan,” terangnya.

Untuk Most Valuable Player kategori putra diraih oleh Yeho dari Teruna Bangsa. Sementara untuk putri diraih Yvone dari Budi Utama Yogyakarta. 

Event Liga Bola Basket Pelajar Jogja 2019 sendiri diikuti 10 tim putra dan 6 tim putri. Kedepan penyelenggara berencana menambah peserta hingga 15 sekolah di masing-masing kategori untuk menambah kompetitif liga tersebut. (Fxh)