DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 30 Maret 2019 / 11:31 WIB

Kampus Wajib Berikan Penyadaran Etika dalam Bermedsos

YOGYA, KRJOGJA.com - Kemajuan teknologi informasi yang didalamnya termasuk pemanfaatan media sosial (Medsos) harus disikapi secara bijaksana, termasuk oleh mahasiswa. Untuk mewujudkan hal itu, kampus dituntut proaktif dalam memberikan penyadaran kepada mahasiswa. Sehingga keberadaan medsos benar-benar untuk penyebarluasan informasi yang bermanfaat.

“Memang untuk aturan secara khusus belum ada, tapi kami minta pengelola PT tetap proaktif dalam memberikan penyadaran (etika) dalam bermedsos. Meski selama ini mahasiswa pinter menggunakan Medsos, tapi secara etika kurang. Untuk itu kampus harus ikut bertanggung jawab dan memberikan penyadaran untuk meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa dalam bermedsos,” kata Direktur Jendral (Ditjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Prof Dr Ismunandar.

Ismunandar mengungkapkan,menyikapi kondisi seperti sekarang masyarakat yang didalam termasuk mahasiswa dan civitas akademik untuk lebih cerdas dan bijaksana. Apalagi menjelang Pilpres, mahasiswa sebagai generasi penerus memiliki tanggungjawab untuk tidak menyebarkan luaskan berita yang belum tentu benar.

“Kami mendorong mahasiswa untuk menggunakan hak politiknya. Kendati demikian, mereka juga dituntut lebih bijak dalam bermedsos dan menjaga netralitas di di lingkungan kampus,” ujarnya. (Ria)