Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Sabtu, 30 Maret 2019 / 02:07 WIB

Dies ke-54 Unnes : Mendunia Untuk Indonesia


SEMARANG,KRJOGJA.com –  Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (29/03/2019) merayakan puncak Dies Natalis ke 54 Unnes, berusia lebih dari setengah abad. Perguruan Tinggi (PT) ini terus bertumbuh sejalan dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat Jateng, Indonesia, dan dunia. 

"Usia 54 sebagai momentum menjulangkan reputasi diri demi Indonesia. Momen kelahiran PT kita maknai tidak hanya seremoni tetapi sebagai batu pijak (milestone), akselerasi dan lompatan ke depan agar Unnes mampu bersaing dan bersanding dengan berbagai PT terkemuka di dunia. Semangat dies bagi warga Unnes tahun ini menjadikan Unnes Mendunia Untuk Indonesia," ungkap Rektor Unnes Prof Dr H Fathur Rokhman MHum didampingi Kepala UPT Humas Unnes Muhammad Burhanudin MA kepada ‘KR’ di kampus setempat, Jumat (29/3/2019).

Menurut Rektor, Unnes harus memiliki kapasitas daya saing dunia dan harus berperan besar di antaranya menghasilkan insan yang cerdas hingga mampu mengembangkan keilmuan dan pemberdayaan masyarakat, memberi nilai tambah ekonomi nasional. Bahkan, kapasitas Unnes sebagai PT LPTK  (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) sebagai upaya kemandirian Unnes. Mandiri bidang SDM sebagai motor penggerak perubahan, mandiri bidang akademik yaitu keilmuan Unnes bisa dihilirkan lewat riset dan inovasi.

"Mandiri pada tata kelola yang sehat (bersih dan bebas korupsi) dan layanan prima, serta tata kelola Unnes standar unggul (di atas standar nasional sedang menuju standar dunia). Juga kegiatan Dies seperti seminar, workshop bertaraf internasional serta semakin menggenjot pengembangan keilmuan dan publikasi internasional," jelasnya.

Rekor menjelaskan untuk publikasi ilmiah, Menristekdikti Prof Muhammad Nasir PhD Ak sangat apresiasi pada Unnes karena sampai awal tahun ini publikasi ilmiah Unnes meningkat lebih dari 100 persen sehingga Menristekdikti berencana menagih tentang publikasi pada PT-PT yang lain karena contoh Unnes bisa meningkatkan publikasi ilmiahnya.

"Seluruh sivitas akademika kampus (yang mengedepankan konservasi ini), Unnes siap bertumbuh dan mendunia untuk Indonesia dan harapan serta cita cita Unnes menjadi world class university bisa terwujud, termasuk komitmen Unnes sebagai rumah ilmu pengembang peradaban dapat terwujud” ujar Prof Dr Fathur Rokhman MHum. (Sgi)