Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 29 Maret 2019 / 17:27 WIB

Jaring Wisman Malaysia, Kemenpar Optimalkan Cross Border

JAKARTA, KRJOGJA.com - Jurus  yang dilakukan untuk menggaet jumlah wisatawan dari Malaysia ke Indonesia yang lewat  Cross Border  atau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang ada di Kalimantan,  pemerintah Indonesia harus sering menyelenggarakan, berbagai festival dan bazar kuliner. 

"Masyarakat Malaysia  sangat menyukai yang berbagai produk yang berbau Indonesia, seperti lagu, makanan dan minuman. Jurus menarik wisatawan Malaysia ke Indonesia yang ditargetkan sekitar 1,4 juta orang, diharapkan sebagian bisa lewat cross border dengan cara menggelar festival dan bazar. Ini penting karena banyak orang Malaysia yang sangat tertarik dengan yang berbau Indonesia. Mereka suka lagu dangdut, artis Indonesia banyak fans nya dari Malaysia, mereka juga suka kuliner,” kata Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II  Kemenpar Adella Raung, di Jakarta, Jumat (29/3).

Dikatakan, saat ini ada 4 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang ada di Kalimantan, yakni Aruk, Entikong, Nunukan dan Nanga. Karena itu, berharap ada pasar wisata yang dilakukan yang menghadirkan produk UMKM  yang disesuaikan dengan selera wisatawan Malaysia. Dengan demikian akan terjadi perputaran ekonomi di  4 pintu perbatasan tersebut.

“Pasar wisata itu yang menghadirkan produk UMKM yang diminati mereka. Mereka suka kripik, emping, peyek karena memang di negara mereka tidak ada. Tentu ini akan meningkatkan perekonomian kita,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan tAdella, ada  14 Festival Cross Border (FCB) di Kalimantan tahun ini, 2 di antaranya sudah digelar yakni FCB Aruk di PLBN Aruk, Kalbar tanggal 23-24 Februari dan FCB Entikong di PLBN Entikong, Kalbar juga pada tanggal yang sama. (Lmg)