DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 29 Maret 2019 / 09:14 WIB

Gunungkidul Kaya Sumber Air Bawah Tanah

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Bupati Gunungkidul, Hj Badingah SSos mengatakan, sumber daya air bawah tanah di wilayahnya sangat melimpah dan pemerintah terus berupaya menggandeng berbagai pihak untuk dapat memanfaatkan air tersebut untuk kemakmuran masyarakat. Namun demikian hingga saat ini masih banyak pertimbangan dan kendala yang terjadi dalam pelaksanaannya.

“Sumber air bawah tanah kita sangat luar biasa, ini menjadi potensi bagi daerah untuk bisa memanfaatkan,” kata Bupati Gunungkidul.

Jika permasalahan pasokan air bersih di Gunungkidul masih belum 100 persen dinikmati masyarakat karena masih ada sejumlah kendala yang membuat pemerintah belum dapat mengoptimalkan pelayanan secara menyeluruh. Adanya keterbatasan lain yang dimiliki membuat permasalahan ini belum sepenuhnya teratasi.

Polemik air bersih yang senantiasa menghantui masyarakat, menurutnya, tentunya menjadi pekerjaan besar yang harus diselesaikan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Selama ini, masih sangat banyak masyarakat yang belum dapat memanfaatkan air bersih.

Terlebih jika di musim kemarau, kekeringan yang melanda sejumlah daerah berdampak pada pasokan air yang tidaklah optimal. “Dengan adanya PDAM juga menjadi salah satu upaya pemecahan permasalahan air di Gunungkidul,” imbuhnya.

Jika sumber air dari sungai bawah tanah dapat dikelola dengan baik dan terdapat teknologi yang mumpuni bekerja sebagaimana mestinya, dibantu dengan sumber daya manusia yang berkualitas, sumber air sebenarnya mampu untuk dapat dialirkan ke Kabupaten Bantul maupun Sleman. Tetapi jika hal ini bisa dilakukan tentu membutuhkan waktu, biaya dan teknis yang matang serta terkonsep. (Bmp)