DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 28 Maret 2019 / 19:39 WIB

Banjir Setinggi 1 Meter Landa Gedangsari

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Hujan deras yang melanda Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul mengakibatkan puluhan hektare tanaman pangan terendam banjir mencapai 1 meter, Selasa (26/03/2019). Bahkan luapan air juga menggenangi badan jalan antardesa di Dusun Jambon RT 01/ RW 09 Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.

“Selain banjir, banyak pohon tumbang diterjang angin dan mengakibatkan aliran listrik padam,” kata Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Kusmiyanto.

Dampak banjir yang menerjang lahan pertanian tersebut tercatat cukup parah. Selain merusak tanaman padi, juga aneka tanaman pangan lainnya. BPBD mendata juga banyak pohon tumbang merintangi jalan dan berdampak terhadap aliran listrik di sejumlah tempat padam, terutama terjadi di Desa Tegalrejo.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki MSi ketika dihubungi membenarkan kejadian tersebut. Terkait dengan banjir yang melanda Kecamatan Gedangsari. Pihaknya telah menugaskan Tim Reaksi Cepat, dibantu Tagana dan relawan melakukan pemantauan dan mendata terdampak banjir.

Kepada masyarakat yang bermukim di kawasan rawan bencana juga diimbau meningkatkan kewaspadaan. Curah hujan sejak seminggu terakhir cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan bencana banjir maupun longsor. “Kami minta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan,” terangnya. (Bmp)