Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 28 Maret 2019 / 17:20 WIB

UNBK Lancar, Dua Pelajar SMK Gagal

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Dua peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Purworejo dipastikan gagal. Pelajar SMK swasta itu tidak hadir tanpa menyertakan keterangan.

Pihak sekolah tempat keduanya belajar telah berupaya semaksimal mungkin memotivasi dan menghadirkan mereka ke ruang uji. "Sampai kepala sekolah datang ke rumah mereka, bertemu orang tua dan memberi motivasi serta pengarahan. Namun keduanya tidak ada, informasi dari orang tua pergi merantau," ungkap Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (MKKS SMK) Kabupaten Purworejo, Budiyono SPd MPd, kepada KRJOGJA.com, Kamis (28/3/2019).

Pihak sekolah tidak bisa berbuat banyak karena keberadaan para siswa itu berada di luar kota. Namun, kata Budi, ada juga siswa SMK VIP Kemiri yang memiliki motivasi kuat sehingga meminta untuk tetap ikut UNBK kendati baru mengalami kecelakaan lalu lintas.

Pelajar tersebut, katanya, diantar ke sekolah saat ada jadwal dan kembali menjalani perawatan sepulang ujian. "Informasi dari kepala sekolah, lukanya tidak begitu parah dan anak itu juga memilih ikut ujian utama daripada susulan," terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan UNBK selama empat hari secara umum berjalan lancar. Sempat terjadi beberapa kendala seperti soal yang lambat diunduh di salah satu sekolah Kecamatan Kutoarjo, namun tidak merugikan peserta. "Waktu mengerjakan ujian tetap karena dimulai begitu soal selesai diunduh," ucapnya.

Selain itu, listrik di Kecamatan Kutoarjo juga sempat padam pada pelaksanaan hari Kamis. Kondisi itu tidak berlangsung lama dan pelaksanaan UNBK lancar karena sekolah menyiapkan generator pembangkit listrik. "Tidak ada gangguan yang berarti," tandasnya.(Jas)