DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 28 Maret 2019 / 15:11 WIB

Lima Makanan ini Identik Anak Kos, Kamu Pilih Mana?

MAKANAN sederhana dan berusaha untuk irit dalam mengeluarkan dana merupakan salah satu ciri seorang perantauan. Menjalani hidup terpisah dari keluarga dan memilih mengontrak atau kos memang tidak mudah. Semua harus diperhitungkan dengan cermat termasuk memilih menu makanan

Jika pada awal bulan setelah kiriman datang, bisa sedikit menyicipi makanan mahal, tapi saat akhir bulan jalan bijak yang mereka lakukan biasanya adalah berburu makanan dengan harga miring.

Makanan  apa yang dimaksud? Makanan murah disini biasanya hidangan yang terdiri atas beberapa jenis menu hemat, yang penting bisa membuat kenyang.

1. Nasi, Kerupuk dan Kecap

Makanan murah anak kos saat akhir bulan yang seringkali dipilih, terdiri dari nasi, kerupuk dan kecap. Jadi, hanya menanak nasi saja dengan menggunakan magic com, dan kemudian membeli kerupuk serta kecap sebagai penambah rasa. Lumayanlah untuk bertahan hidup.

2. Nasi dan Telur Dadar

Makanan murah yang kedua adalah nasi serta telur dadar. Tentu anak kos bisa mendapatkan menu ini jika uangnya masih mencukupi, mengingat harga telur sekarang lumayan mahal. Selain nasi sebagai makanan pokoknya dan telur dadar sebagai lauknya, biasanya anak kos juga melengkapi cita rasanya dengan menambahkan kecap ke atas dua makanan tersebut.

3. Nasi Kucing

Jika kebetulan tidak punya beras di kos atau tidak ada magic com untuk memasak nasi, nasi kucing seringkali dijadikan objek ‘pemuas’ lapar anak kos pada saat akhir bulan. Tak hanya murah, menu hemat yang ketiga ini sangat mudah untuk ditemukan.

4. Mie Instan

Tentunya bukan rahasia lagi jika mie instan selalu identik dengan anak kos.  Selain termasuk jenis makanan murah, mie instan memang sangat enak dan cara membuatnya juga sangat mudah, dimana mereka hanya perlu merebus air, dan setelah mendidih tinggal masukkan mie ke dalamnya. 

Tak jarang juga mie instan yang seharusnya dimakan langsung malah dijadikan sebagai lauk nasi supaya kenyangnya bisa lebih tahan lama, itupun terkadang masih dibagi menjadi 2 atau 3 bagian supaya 1 mie instan saja bisa cukup untuk mengatasi lapar hari itu. 

5. Roti Sobek

Nah, kalau dana yang ada masih mendingan, roti sobek juga kerap kali dijadikan alternatif oleh anak kos saat akhir bulan datang. Apalagi jika anak kos tersebut agak tidak suka dengan nasi ataupun makanan berat lainnya. Tentu roti sobek adalah makanan murah yang sangat pas untuk mengganjal perut.

6. Abon

Makanan murah andalan anak kos saat akhir bulan yang selanjutnya adalah abon. Loh kenapa begitu? Iya, karena abon disini akan berperan sebagai lauk temannya nasi. Rasa abon yang enak dipadukan dengan nasi yang merupakan sumber karbohidrat bisa membuat anak kos merasa kenyang di akhir bulan.

Nah, itulah diatas aneka makanan murah yang identik dengan anak kos saat akhir bulan. Meski makanan-makanan tersebut tampak kurang bergizi, nyatanya makanan-makanan itulah yang membantu anak kos bertahan hidup saat kondisi keuangannya memprihatinkan.

Namun sebenarnya kondisi ini tidak selalu terjadi karena kurangnya uang yang diberikan orangtua mereka, namun karena gaya hidup mereka sendiri yang tidak bijak. Dimana saat awal bulan di buat foya-foya, sehingga saat akhir bulan uang sakunya sudah minim. (*)