DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 28 Maret 2019 / 03:50 WIB

Digelar 7 April, Malioboro KulineRUN 2 Berhadiah Rp 50 Juta

YOGYA, KRJOGJA.com -  Hadiah senilai 50 juta menanti para peserta KulineRun 2. Acara ini akan diselenggarakan pada Minggu, 7 April 2019 bertempat di Grand Inna Malioboro.

"Tidak hanya hadiah dengan nilai total 50 juta, tapi nanti ada hiburan musik, permainan, banyak makanan juga, termasuk tiket rute Jakarta- London pulang pergi Garuda Indonesia", ungkap Iswandi Said selaku Direktur Utama PT. Hotel Indonesia Natour pada konferensi pers Rabu, (27/03/2019) di Grand Inna Malioboro.

Malioboro KulineRun ini ditujukan kepada masyarakat umum. Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui website www.kulinerun.com dengan biaya pendaftaran Rp. 125.000 bagi kategori 2,5 KM, Rp. 150.000 untuk kategori 5 KM, dan Rp. 175.000 untuk 10 KM. Para peserta yang telah mendaftar akan mendapatkan jersey, medali, e-sertifikat, BIB number & chip, dan voucher kuliner.

"Kategori 1, 10 KM biasanya diikuti oleh para profesional, kalo kategori 2, 5 KM biasanya diikuti oleh orang-orang yang hobinya lari, kalo yang ketiga biasanya yang paling rame, rute 2,5 KM yang ikut family", tutur Iswandi kepada media. Para peserta ini juga akan dipantau GPS untuk mengetahui kesesuaian rute yang dilalui dan aturan yang diterapkan.

Setelah peserta sampai di garis finish semua peserta mendapat mendali dan voucher untuk di tukar di boot-boot kuliner khas Yogyakarta.  Setiap peserta akan mendapat 1 voucher untuk 1 makanan gratis.

Berbeda dengan KulineRUN 2017, tahun ini PT. Hotel Indonesia Natour rangkul UMKM lokal dalam agendanya. "Kita mengundang UMKM untuk berjualan dan menyediakan makanan khas yang mulai jarang untuk meramaikan. Boot yang digunakan oleh UMKM tidak dikenakan biaya atau gratis".

Iswandi juga menambahkan pelibatan UMKM ini sesuai dengan maksud dan tujuan Grand Inna Malioboro yang merupakan bagian dari BUMN yaitu adanya  kontribusi hotel terhadap kepariwisataan Yogyakarta.

KulineRun 2019 mengusung tema sport dan pariwisata. "Gabungan dari kata kuliner yang merupakan sub kajian kepariwisataan dan run atau lari yang merupakan bagian sport", ungkapnya.

Pemilihan tema ini dilatarbelakangi oleh keberagaman kuliner yang dimiliki Indonesia. Adapun Yogyakarta dipilih secara spesial karena tempat acara yang diselenggarakan oleh Grand Inna Malioboro tepat berada di jantung kota Yogyakarta. Berlokasi di Jalan Malioboro yang merupakan icon Yogyakarta yang dikenal masyarakat dunia.

Malioboro KulineRun 2019 diharapkan akan diikuti oleh 1500 peserta yang terdiri dari pelari nasional, diffable, keluarga dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

"Grand Inna Malioboro berada di wilayah yang sangat strategis. Jadi kadang banyak pelari yang datang malamnya atau paginya dari Stasiun Tugu bisa langsung kesini. Kalo jumlah peserta sudah mendekati target", pungkas Iswandi. (KRA-10)