Jateng Agregasi    Rabu, 27 Maret 2019 / 11:40 WIB

Mau Kulineran di Semarang?, Berikut 9 Lokasi Paling Direkomendasikan

SEMARANG telah menunjukkan kemajuan pembangun akhir-akhir ini. Sebagai Ibukota Propinsi Jawa Tengah, keberadaanya telah menjadi salah satu tujuan pariwisata, termasuk kulinerannya.

Saat berlibur, selain menikmati beraneka ragam tempat wisata yang ada di Semarang, jangan lupa untuk mengisi perut dengan sesuatu yang khas juga dari kota ini. Selain tempat wisata yang keren-keren, Semarang juga memiliki beragam kuliner khas nan legendaris yang perlu Anda coba.

Berikut, rangkuman wisata kuliner Semarang yang wajib Anda cobain dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2019).

1. Toko Oen Semarang

Kalau Anda ingin merasakan sajian kuliner dengan ditemani nuansa Belanda, Anda patut berkunjung ke Toko Oen ini. Ya, tidak hanya kawasan Kota Lama saja yang memiliki bangunan lawas dengan nuansa Eropa. Namun di beberapa tempat makan seperti ini juga bisa Anda rasakan.

Di sini Anda bisa menikmati sajian khas Eropa seperti uitsmijter, kaasstengels, huzarensalade, dan masih banyak lagi. Saat Anda ke sini, jangan kaget kalau banyak turis dari luar negeri yang berkunjung, terutama mereka yang berasal dari Belanda.

2. Mie Sang Kie

Kalau Anda penikmat sajian aneka mie, patut cobain Mie Sang Kie. Kedai mie ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial. Walaupun begitu, hingga kini wisata kuliner Semarang ini masih punya banyak penikmat setia.

Menu andalan yang bisa Anda coba adalah mie godok alias mie rebus. Seporsi hidangan mie ini terdiri dari mie, potongan kecil telur dadar, dan kekian. Semua bahan tersebut kemudian disajikan bersama dengan kuah kaldu hangat.

3. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Masih dari sajian mie. Mie kopyok ini memiliki kombinasi rasa yang sangat pas. Gabungan unsur mie, lontong, tauge, kuah kaldu, serta kerupuk beras sangat nikmat sekali. Wisata kuliner Semarang legendaris ini sangat banyak penikmatnya, jadi tak heran kalau saat ke sini selalu mengantre.

4. Nasi Gandul

Kalau ingin menikmati sajian wisata kulier Semarang, Anda bisa mencoba Nasi Gandul Pak Memed yang hingga kini masih diburu para penggemarnya. Meski sudah beberapa puluh tahun hadir, cita rasa kuah kaldunya masih yang menjadi andalan.

Nasi gandul sendiri merupakan sajian nasi putih biasa yang disajikan dengan menggunakan mangkuk daun pisang. Kuah kecoklatan disiramkan di atasnya, yang ditambah dengan daging, jeroan sapi, dan telur ayam. Sajian ini bakal makin nikmat jika dimakan dengan menggunakan Suru atau sendok dari daun pisang.

5. Gulai Kambing Bustaman

Gulai kambing sudah ada sejak 1969. Bagi Anda yang ingin mencoba sajian wisata kuliner Semarang ini, Anda bisa berjalan-jalan sejenak karena warung makan ini terletak di kawasan kota Lama.

Gulai Kambing Bustaman ini memiliki ciri khas kuah yang encer, namun rasanya tetap gurih. Penggemar masakan kambul bakal sangat senang dengan sajian kuliner ini.

6. Babat Gongso

Biasanya sajian menu babat itu terasa amis dan berbau jika tidak pandai dalam measaknya. Namun tidak ddengan sajian Babat Gongso Pak Karmin ini. Cita rasa babat masak kecapnya sangat khas sekali.

Warungnya tidak nampak mewah, bahkan terkesan sangat sederhana. Walaupun deminikian, banyak pengunjung yang berbondong-bondong datang ke sini.

 7. Pisang Plenet

Plenet dalam bahasa Jawa artinya adalah penyet. Jadi pisang planet ini dapat diartikan sebagai pisang penyet. Menggunakan pisang kapok raja, cara membuat pisang plenet ini adalah dengan tidak digoreng, namun dibakar di atas bara api hingga pisang nampak layu berwarna kecoklatan. 

Kemudian pisang diplenet menggunakan papan kecil seperti telenan. Lalu pisang dioles dengan margarin. Untuk tambahan topping biasanya menggunakan selai, gula, atau meises. Dihidangkan dengan ditangkupkan seperti sandwich.

8. Kue Lekker Paimo

Lekker merupakan wisata kuliner Semarang yang sangat terkenal. Lekker Paimo ini banyak disukai karena isiannya yang enak dan sambal pedasnya yang nikmat. Lekker Paimo ini terbagi menjadi dua varian, tipis dan tebal. Nah, untuk lekker yang tipis, ada rasa caramel dan coklat. Sedangkan lekker yang tebal memiliki varian isi seperti telur sosis keju, keju abon, jagung manis, hingga telur sosis tuna keju.

9. Es Puter Cong Lik

Salah satu wisata kuliner Semarang yang legendaris lainnya adalah es puter Cong Lik. Cong Lik sendiri berasal dari kata ‘Kacung Cilik’ atau pembantu kecil. Sebab pemilik es puter ini, Sikimin. Dimana saat zaman masik kanak-kanak dulu, dirinya menjual es puter ini di malam hari, sebab tidak mampu menyewa warung untuk jualan. Namun kini es puter Cong Lik bisa dinikmati di siang hari.

Es puter ini memiliki aneka macam rasa. Setidaknya ada 10 varian rasa yaitu coklat, sirsak, kopyor, leci, kelengkeng, kacang ijo, hingga blewah. Namun yang banyak diminati adalah rasa durian dan alpukat. (*)