Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 26 Maret 2019 / 17:22 WIB

Prof Jamal Wiwoho Rektor UNS Terpilih

SOLO, KRJOGJA.com - Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum disepakati seluruh anggota senat universitas sebagai rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2019-2023. Mekanisme musyawarah mufakat dalam pemilihan rektor UNS, Selasa (26/2), hanya berlangsung 3 menit.

Musyawarah mufakat telah diawali  dari tiga calon rektor yakni Prof Jamal, Ptof Drs Sutarno MSc PhD dan Prof Dr Widodo Muktiyo MCom. Mereka membuat kesepakatan di atas meterai yang disampikan senat pada 14 Februari. Langkah ini ternyata mendapat respon 127 anggota senat, sehingga pemilihan berlangsung sangat cepat,sekitar 3 menit, jelas Prof Dr Suntoro, Ketua Senat UNS.

Ir Hari Purwanto MSi , pejabat utusan Kemenristekdikti sangat mengapresiasi hasil musyawarah mufakat yang dicapai anggota senat dalam pemilihan rektor UNS. Musyawarah mufakat ada dalam aturan, dan itu memiliki nilai dasar di dalam pengambilan keputusan.

"Dengan musyawarah mufakat akan meningkatkan produktivitas kinerja UNS ke depan," kata Hari, staf ahli Menristekdikti. Mempercepat sebuah keputusan dalam pemilihan rektor adalah memperlancar kesinambungan. Itu jadi hal utama dan diutamakan.

Apa yang terjadi di UNS menjadi model pemilihan rektor di perguruan tinggi yang lain. Prof Jamal merintis musyawarah mufakat dengan dua calon yang lain. Karena ia tak ingin UNS seperti perguruan tinggi lain dalam pemilihan rektor. "Apalagi saya kenal dekat dengan Prof Sutarno dan Prof Widodo." (Qom)