Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 26 Maret 2019 / 17:07 WIB

Penurunan Angka Kemiskinan di Purworejo Dibawah Target

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Menurunnya angka kemiskinan dari 13,81 persen pada tahun 2017 menjadi 11,67 persen pada tahun 2018 dinilai belum memenuhi target. Mengingat target penurunan kemiskinan di Kabupaten Purworje tahun 2018 sebesar 10,4 persen. 

"Kita masih perlu adanya percepatan penanganan kemiskinan baik dari penganggaran maupun peningkatan kualitas pelaksanaan. Salah satunya melalui koordinasi antar perangkat daerah terkait, demi keterpaduan antar program,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworjeo Yuli Hastiti SH, Selasa (26/3).

Dalam rapat koordinasi (Rakor) pembangunan sinergi penanggulangan kemiskinan di pendapa rumah dinas bupati setempat Yuli Hastuti berharap, kepada para camat dan kepala desa (Kades) dapat memberikan informasi permasalahan penanganan kemiskinan di wilayahnya agar dapat ditindaklanjuti perangkat daerah terkait. 


"Untuk perangkat daerah terkait agar lebih fokus pada sasaran dan permasalahan  penduduk miskin secara terpadu, sehingga benar-benar dapat meningkatkan status kesejahteraan penduduk miskin,” tandasnya.

Sementara itu untuk tim Pencermat dari TKPKD, diharapkan bisa mensinkronkan program antar perangkat daerah agar terjalin keterpaduan dan sinergitas.

Pemkab Purworejo katanya, telah melakukan berbagai langkah yang mengarah pada penanggulangan kemiskinan. Diantaranya  melalui program PROPENDAKIN, JAMKESDA, JADUP, Pemberdayaan UMKM, RTLH, beasiswa bagi keluarga kurang mampu, hingga pengentasan kemiskinan melalui sektor pariwisata.(Nar)