DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 26 Maret 2019 / 12:19 WIB

PMI Distribusikan Air dan Bersihkan Sumur di Imogiri

BANTUL, KRJOGJA.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul mulai melakukan droping air dan pembersihan sumur warga di beberapa titik pasca banjir yang melanda di sejumlah lokasi di Bantul. Ketua PMI Bantul M Wirmon Samawi SE MIB, didampingi Korlap Well Cleaning dan Droping Air, Yulianto, menuturkan pembersihan sumur warga oleh PMI sudah dilakukan selama tiga hari di beberapa kawasan. Tiap harinya PMI Bantul berhasil membersihkan rata-rata sumur bagi 10 rumah.

"Kami jalan berdasarkan permintaan Pak Dukuh. Pasca banjir banyak sumur menjadi kotor dan bercampur dengan lumpur sehingga sulit digunakan. Kami berharap dengan pembersihan ini sumur dapat digunakan kembali," jelas Wirmon disela pembersihan dan pengurasan sumur warga kawasan Pundung Karangtengah Imogiri.

Adapun untuk distribusi air sudah dilakukan di beberapa kawasan seperti Gejayan Imogiri dan beberapa titik. Rata-rata droping air dalam sehari diberikan tiga hingga empat tangki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter per tangki.

"Kami dari PMI sudah bergerak sejak hari pertama banjir. Sekarang tanggap darurat banjir sudah selesai namun banyak hal yang harus kita lakukan seperti membersihkan sumur serta droping air bersih harus tetap terus berjalan sampai kondisi benar-benar baik kembali," tambahnya.

Ditambahkan Wirmon, PMI masih melayani permintaan pembersihan sumur dan droping air dari masyarakat. Meski demikian realisasinya dilaksanakan berdasarkan skala prioritas. (Aje)