Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 26 Maret 2019 / 15:31 WIB

KPU Sukoharjo Berharap Kebutuhan Logistik Segera Terpenuhi

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berharap logistik Pemilu 2019 semua bisa segera diterima secepatnya. Sebab hingga sekarang masih ada beberapa kebutuhan belum diterima padahal waktu pelaksanaan pencoblosan tinggal beberapa hari kedepan pada 17 April mendatang.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Selasa (26/3/2019) mengatakan, persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 terus dilakukan KPU Sukoharjo hingga sekarang. Mulai dari menyiapkan petugas yang akan melaksanakan tugas sampai kebutuhan logistik. Namun khusus untuk logistik masih ada beberapa yang belum terpenuhi hingga sekarang. Hal itu terjadi karena pemenuhan logistik mengandalkan kiriman dari KPU Provinsi dan KPU RI.

KPU Sukoharjo sudah menerima sebagian besar kebutuhan logistik Pemilu 2019. Namun setelah dilakukan pemeriksaan kebutuhan ternyata masih ada beberapa yang belum dikirim. Padahal selain kekurangan tersebut, juga ada surat suara yang rusak dan harus diganti. 

Belum selesainya semua kebutuhan logistik diterima KPU Sukoharjo membuat situasi cukup mengkhawatirkan. Sebab waktu pencoblosan sudah semakin dekat pada 17 April mendatang. 

"Belum semua kebutuhan logistik Pemilu 2019 selesai semua dikirim atau terpenuhi. Kondisi itu membuat kami agak khawatir karena semakin mepetnya waktu pelaksanaan pencoblosan 17 April mendatang," ujarnya.

Kebutuhan logistik Pemilu 2019 yang dikirim semakin lama membuat persiapan KPU Sukoharjo semakin mepet. Sebab KPU Sukoharjo juga harus melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara. Dimana kegiatan tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi ketika dalam penyortiran dan pelipatan itu ada temuan surat suara yang rusak. 

Kondisi tersebut membuat KPU Sukoharjo berencana akan melakukan upaya untuk menanyakan langsung ke bagian percetakan yang mencetak surat suara. Meskipun beberapa waktu lalu Bawaslu Kabupaten Sukoharjo juga sudah ke bagian percetakan di Bandung.

"Kami masih optimis semua kebutuhan logistik Pemilu 2019 akan segera terpenuhi meski sekarang harus menunggu semua pengiriman," lanjutnya.

Nantinya setelah semua kebutuhan logistik terpenuhi maka KPU Sukoharjo akan segera melakukan distribusi ke semua wilayah. Diharapkan waktu maksimal distribusi pada 6 April mendatang ke seluruh PPK.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi mengatakan, aparat keamanan khususnya Polres Sukoharjo sudah siap sepenuhnya membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019. Salah satunya berkaitan dengan pengamanan logistik pemilu seperti surat suara.

Proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019 dipusatkan di gedung Budisasono Sukoharjo. Ditempat tersebut sudah disiagakan polisi bersenjata berjaga selama seharian penuh secara bergantian. Penempatan aparat dimaksudkan sebagai bentuk jaminan keamanan pada KPU Sukoharjo dalam mempersiapkan pelaksanaan pemilu.(Mam)