DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 26 Maret 2019 / 10:10 WIB

Perangi Kasus TB, Bagikan Masker untuk Pengguna Jalan Raya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Ketua Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Gunungkidul Iwan Busro mengungkapkan, upaya pencegahan dan penanggulangan TB terus dilakukan. Setelah sebelumnya menggelar penyuluhan bagi PKK, PPTI bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) membagikan masker dan leaflet kepada pengguna jalan raya di kompleks alun-alun Wonosari. Pembagian leaflet dimaksudkan agar masyarakat bisa mendeteksi penyakit TB, serta mengetahui penanganannya. 

“Salah satu hal yang bisa diantisipasi yakni gejala batuk berdahak lebih dari dua minggu. Perlu segera diperika ke puskesmas,” kata Iwan Busro, Selasa (26/03/2019)

Aksi ini diikuti Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan dr Dewi Anggraeni, siswa SMK Kesehatan Wonosari dan SMK Mahisa Agni. Dalam kesempatan tersebut siswa membentangkan spanduk untuk memerangi penyakit TB. Serta membagikan masker dan leaflet kepada para pengguna jalan raya. Iwan menuturkan, pengobatan TB kini sudah bisa dilakukan di puskesmas. Melalui pengobatan sampai tuntas, penyakit ini bisa disembuhkan. 

“Hal yang paling penting yakni bagi pasien harus taat berobat dan mengikuti petunjuk petugas puskesmas,” imbuhnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul tahun 2018 penderita TB mencapai 477 orang. Dewi Anggraeni menambahkan, masyarakat diharapkan untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan maupun penanggulangan TB. Bisa ikut melakukan pemantauan di lapangan. Bahkan untuk memaksimalkan penanganan, petugas melakukan pemeriksaan warga yang tinggal dekat dengan pasien TB.(Ded)