Gaya Hidup Agregasi    Selasa, 26 Maret 2019 / 03:43 WIB

Jangan Disepelekan, Batuk dan Pilek Berkepanjangan Picu Ketulian

BANYAK masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan pendengaran atau biasa disebut tuli. Tentunya, penyakit ini sangat mengganggu penderitanya, meskipun tidak sampai menyebabkan pengidapnya menuju kematian.

Tentunya ketulian pada manusia ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, ada yang berasal sejak lahir (Kongenital) namun ada pula yang timbul akibat kesalahan manusia. Kesalahan ini disebabkan karena ketidaktahuan manusia untuk menjaga kesehatan bagian tubuh pentingnya

Wakil Ketua Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) dr. Hably Warganegara, Sp.THT-KL mengatakan, seseorang yang mengalami batuk atau pilek berkelanjutan yang tak kunjung sembuh dapat menyebabkan seseorang mengalami ketulian.

“Penyebab ketulian adalah radang telinga tengah (congek), ini bisa terjadi karena batuk pilek yang berlanjut lama. Anak penderita gizi buruk juga bisa mengalaminya. Penyakit ini bisa terjadi karena infeksi telinga yang menyebar hingga pecah, alhasil kuman bakteri menyerang tubuh,” terang dr. Hably, saat diwawancarai Okezone, beberapa waktu lalu.

Dokter Hably mengatakan, 50 persen ketulian akibat infeksi bisa dicegah dengan istirahat cukup, tak main hujan-hujanan. Pokoknya hindari diri jangan sampai mengalami batuk dan pilek jika tak ingin mengalami congek.

Andai pun hal ini terjadi pada Anda dan berlangsung hingga menahun, maka harus mengonsumsi antibiotik dan mendapat perawatan dari dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT). Namun, pengobatan ini juga tidak bisa menjamin seorang penderitanya bisa sembuh total. Pasti ada bagian dari telinganya yang cacat sehingga penyakit tersebut bisa timbul kembali kapan saja. (*)