Peristiwa Editor : Ivan Aditya Senin, 25 Maret 2019 / 22:53 WIB

Pakistan Buka Perdamaian dengan India

PAKISTAN, KRJOGJA.com - Di tengah parade militer, Presiden Pakistan Arif Alvi mengatakan ingin berdamai dengan India setelah keduanya sempat terlibat bentrokan militer di Kashmir pada pertengahan Februari lalu.

"Kami tidak percaya dengan perang dan kami ingin menyelesaikan masalah-masalah melalui dialog. Kedua negara seharusnya berfokus pada masalah kesehatan dan pendidikan daripada berperang," ucap Alvi.

Ketegangan antara Pakistan dan India terus meningkat setelah kedua negara terlibat bentrokan militer di perbatasan Kashmir. Bentrokan militer kedua negara dipicu bom bunuh diri yang menerjang konvoi personel India di wilayah Kashmir pada 14 Februari lalu.

New Delhi menyalahkan Islamabad atas insiden yang menewaskan 40 aparat keamanannya. Sejak itu, kedua negara saling menembak jatuh pesawat militer di Kashmir hingga sempat memicu penangguhan penerbangan komersial lantaran alasan keamanan.

Pakistan juga sempat menahan dua pilot India akibat kejadian itu, tapi kemudian membebaskannya sebagai gerakan perdamaian. Meski mengharapkan perdamaian, Alvi memastikan bahwa Pakistan akan tetap memperkuat pertahanan mereka.

"Pawai hari ini mengirim pesan bahwa kami adalah orang yang damai, tetapi tidak akan pernah mengabaikan pertahanan," kata Alvi. (*)