Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 26 Maret 2019 / 06:36 WIB

Walikota Minta Pelaku IKM Tak Berpuas Diri

MAGELANG, KRJOGJA.com - Walikota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT mengingatkan kalau daya saing di Kota Magelang menempati posisi tertinggi di Jawa Tengah. Kelompok Usaha Bersama (KUB) diharapkan terus bergerak. Pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Magelang dan para pembimbingnya juga diharapkan jangan sampai kehilangan momentum semangat Walikota Magelang.

"Kita menempati daya saing yang baik, kita pertahankan dan kita tingkatkan terus," kata Walikota Magelang di forum sarasehan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Magelang dalam rangka peringatan HUT ke-39 Dekranasda tahun 2019 yang dilaksanakan di Pendopo Pengabdian rumah dinas Walikota Magelang, Senin (25/3/2019). Sarasehan bertemakan 'Networking dan Inovasi untuk Eksistensi dan Bisnis' ini menampilkan pembicara dari Rumah Kreatif Yogyakarta.

Lebih lanjut Walikota Magelang mengatakan IKM dan UMKM harus sukses, harus berhasil, harus mampu menguasai lokal maupun regional, syukur internasional. Di Kota Magelang ada batiknya, produksi kerajinan dari bahan kerang pemasarannya sudah sampai Eropa, produksi mainan anaknya terus dimodifikasi. "Kita tidak boleh mudah berpuas diri dengan produk yang telah dihasilkan," tegas Walikota Magelang.

Dikatakan, beberapa waktu lalu ada yang diberangkat ke Jakarta 1 bus untuk menyaksikan pameran produk kerajinan yang digelar di Jakarta Convention Centre dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam pameran tersebut rombongan dar Kota Magelang dapat menyaksikan beberapa produk dari derah lain, dan dapat dijadikan bahan pelajaran melihat produk yang dihasilkan saudara-saudara lain daerah, sehingga tidak berpuas diri dengan produk-produk yang ada. (Tha)