DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 26 Maret 2019 / 02:12 WIB

Sultan Pastikan Kesiapan Pemilu di DIY Sudah Maksimal


YOGYA, KRJOGJA.com - Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian Daerah (Polda)serta perangkat lainnya mengenai kesiapan logitik dan pengamanan baik dari ketercukupan distribusi maupun personil jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. 

Segala sesuatu jelang puncak pesta demokrasi di Indonesia baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatig (Pileg) dinilai sudah dipersiapkan secara maksimal. Selain itu, semua pihak diminta tetap waspada dan menyiapkan berbagai upaya preventif agar Pemilu 2019 benar-benar jujur dan adil. 

"Untuk persiapan sudah selesai, namun saya mohon agar KPU dan Bawaslu DIY bisa betul-betul mengkonsolidasikan urusan keamanan dengan pihak kepolisian mulai dari tingkat Polda, Polres/Polresta sampai Polsek. Termasuk upaya pengamanan distribusi logistik harus diperhatikan sehingga tidak ada indikasi atau isu-isu yang kurang menguntungkan menyangkut masalah Pilpres dan Pileg agar Pemilu benar-benar jujur dan adil,"  ujar Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X usai memimpin Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu 2019 di DIY di Dalem Ageng Kompleks Kepatihan, Senin (25/3).

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan menyampaikan pihaknya telah melakukan segala persiapan seluruh proses jelang Pemilu baik dari sisi logistik maupun personel yang diterjunkan. Dari sisi logistik, semua surat suara sudah tiba di gudang KPU Kabupaten/Kota se-DIY yang saat ini sudah memasuki proses sortir surat yang rusak atau tidak sesuai dan pelipatan. 

Total pemilih yang akan memilih di DIY mencapai 2.731.874 orang dan pemilih pindahan 45.544 pemilih asal daerah lain yang ingin memilih di DIY  dan 12.293 pemilih asal DIY yang memilih di luar DIY.Data pemilih  telah  ditetapkan, setelah dilakukan verifikasi dan mencoret pemilih yang telah meninggal dunia,  Warga Negara Asing (WNA) dan pemilih ganda. (Ira)