DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 25 Maret 2019 / 20:10 WIB

Pasca Bencana, Harga Bahan Pangan Relatif Terjangkau

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY menilai harga komoditi bahan pangan di DIY masih relatif terjangkau oleh masyarakat pasca terdampak bencana banjir dan longsor. TPID DIY tetap berpatokan pada roadmap pengendalian inflasi dengan strategi 4K yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Sri Fitriani mengatakan TPID DIY rutin melakukan pantauan harga setiap hari guna memonitor perkembangan harga bahan pangan di DIY. Hasil monitoring harga bahan pangan di DIY tersebut dapat dilihat di website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) TPID DIY maupun Nasional.

"Jika dari pemantauan harga bahan pangan tersebut ada kenaikan harga, TPID DIY akan segera berkoordiansi untuk melakukan upaya stabilisasi harga apabila sampai terjadi gejolak harga," ujar Sri Fitriani atau yang akrab disapa Fifin kepada KRJOGJA.com di Bangsal Kepatihan, Senin (25/03/2019).

Fifin menuturkan dari hasil pantauan TPID DIY di sejumlah pasar tradisional di Kota Yogyakarta, harga komoditi bahan pangan masih terjangkau pasca bencana. Gejolak harga komoditi bahan pangan di DIY belum terlihat sampai saat ini dan akan dipantau terus menerus sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Selain memantau harga, kita juga akan melakukan pemantauan pasokan komoditi bahan pangan yang ada di tingkat distrIbutor hingga pasar kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY. Kondisinya masih terkendali sampai saat ini," tandasnya.

Sekda DIY Gatot Saptadi menyampaikan dari hasil laporan yang diterimanya, harga komoditi bahan pangan di DIY relatif stabil meskipun masih diwarnai fluktuasi tetapi tidak sampai bergejolak pasca terjadi bencana. Pemantauan harga komoditi bahan pangan terus dilakukan TPID DIY dan dinas terkait lainnya, namun selama pasokan atau stoknya aman tidak akan bergejolak berlebihan.

"Lahan pertanian di DIY ada yang terkena dampak bencana baik banjir maupun longsor, tetapi belum sampai mengganggu stok komoditi bahan pangan sejuah ini. Harga komoditi bahan paangan bergejolak atau tidak kuncinya ada di stok, jika ketersediaan pasokan komoditi bahan pangan aman maka pasokannya juga masih aman untuk sementara waktu. Jadi jika terganggu pasokannya, dampaknya terhadap harga tidak sekarang atau dalam waktu dekat ini," ungkap Gatot.

Pemda DIY memastikan pasokan dan distribusi baik dari produsen maupun distributor komoditi bahan pangan agar senantiasai terjaga. Disamping menjaga ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi, pihaknya memastikan harga komoditi bahan di DIY bisa terjaga dan komunikasi yang efektif serta kerjasama antar daerah. (Ira)