Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 25 Maret 2019 / 15:59 WIB

Jaga Ketentraman Warga, WNA di Salatiga dalam Pengawasan Penuh

SALATIGA, KRJOGJA.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Salatiga meningkatkan pengawasan keberadaan warga negara asing (WNA) dan tamu asing yang jumlahnya ratusan orang. Pengawasan dilakukan secara periodik dan bekerjasama dengan sejumlah hotel di Salatiga. Demikian dikatakan Kepala Bakesbangpol Salatiga, Agung Nugroho kepada KRJOGJA.com, Senin (25/03/2019). 

“Dari catatan Bakesbangpol pada bulan Februari 2019 lalu jumlah WNA asing di Salatiga yang bekerja sebagai tenaga asing seperti dosen dan lainnya 592 orang. Sedangkan jumlah tamu asing dalam sebulan 476 orang termasuk keluarga tenaga kerja asing tersebut,” jelas Agung Nugroho kepada KRJOGJA.com. 

Ia juga mengungkapkan pengawasan dan pendataan WNA dan tamu dilakukan secara periodik setahun 6 kali bersama tim dari kepolisian maupun instansi lain. Namun demikian, pihak Bakesbangpol  pro aktif dengan pihak manajemen sejumlah hotel di Salatiga yang selalu melaporkan perkembangan jumlah tamu asing yang bermalam dan lama menginap. “Sehingga jumlahnya bisa terpantau dengan baik oleh Bakesbangpol,” tukasnya. 

Karena keterbatasan SDM di Bakesbangpol, menurutnya pengawasan juga masih banyak bergantung pada intelijen TNI dan Polri. Pengawasan lebih intens dilakukan terkait jelang dilaksanakannnya Pemilu 2019, terlebih lagi dengan banyaknya berita tentang pelibatan WNA dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di beberapa daerah. (Sus)