DIY Editor : Agus Sigit Senin, 25 Maret 2019 / 11:27 WIB

Lolos SNMPTN Kampus Jogja, Berikut Harga Kost Seputaran UGM dan UNY

YOGYA, KRJOGJA.com - Tempat tinggal adalah kebutuhan penting bagi para pendatang yang akan berkunjung disuatu wialayah dalam waktu yang tidak sebentar. Kenyaman juga menjadi faktor betah atau tidaknya tingal di suatu daerah. 

Bagi kamu yang akan kuliah atau bekerja, jika tempat tinggal yang kamu tempati nyaman dan menyenangkan pasti juga akan lebih betah tinggal di perantauan. Demi memberikan kenyamanan, pemilik kost atau kontrakan berlomba memberikan fasilitas-fasilitas tambahan bagi para penyewa.

Untuk kamu yang akan merantau ke Yogya, pasti penasaran kan berapa sih kira-kira harga kost di Yogya? KRjogja.com akan membahas secara lengkap kisaran harga kost di Yogya, mulai dari kost murah hingga kost eksklusif yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Yogyakarta memiliki ribuan tempat kost dengan berbagai tipe dan fasilitas. Mulai dari kost putri, kost putra, kost campur hingga kost pasutri. Kini setiap daerah di Yogya sudah banyak tersebar tempat kost jadi kamu bisa memilih kost yang dekat dengan kampus atau kantor yang sesuai kebutuhan kamu selama merantau.

Bagi mahasiswa yang berkuliah di Universitas Negeri Yogyakarta, harga kost di kawasan Karangmalang rata-rata ditarik mulai Rp. 4,5 juta pertahun. "Harga kost di sini rata-rata dari Rp. 4,5 juta sampai Rp. 6 jutaan setahun itu yang kamar mandi luar dan kost biasa bukan yang ekslusif. Saya sendiri yang Rp. 6 juta karena berdua dengan ukuran 3x6," tutur Tulus, mahasiswa rantau yang sudah 2 tahun kuliah di UNY kepada krjogja.com belum lama ini.

Menurut Tulus, kamar dengan harga tersebut sudah lengkap tempat tidur, meja, almari sehingga penghuni kost hanya membawa kebutuhan pribadi lainnya. Kost yang ia tempati juga dekat dengan kampusnya, sehingga tak perlu menggunakan transportasi cukup dengan berjalan kaki. "Deket dengan UNY, UGM, masjid, sunmor, rumah makan, pom juga ada jadi cukup strategis sih kalau buat aku yang enggak bawa kendaraan pribadi," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan, Arnol pemilik kost didaerah GOR Klebengan yang lokasinya tidak jauh dari kampus UGM dan UNY. Pihaknya menarik harga kost sekitar Rp. 6 juta pertahun dengan fasilitas almari, meja kursi, bantal guling, kasur busa dan sprei kasur. Untuk listriknya sendiri penghuni kost biasanya harus iuran alias listrik di tanggung anak kost. 

"Kami menyediakan parkir yang luas dan aman," katanya.

Berbeda halnya dengan kost ekslusif yang dikutif dari agen Mamikost. Harga yang ditarik untuk tipe tersebut mulai dari Rp.900 ribu-1,5 jutaan. Adapun fasilitas yang akan diperoleh meliputi Bed, Almari Pakaian, TV, AC, Meja belajar, Kursi Belajar, Wastafel. Kamar Mandi dalam Kloset Duduk, Shower, Kamar Mandi Luar, Ruang Tamu, Ruang Jemur, TV, Taman, Kamar Mandi Luar.

Menurut data yang diperoleh dari keterangan Mamikost, kost tersebut dekat dengan (UGM, UPN, Sanata Dharma, Amikom, UII, dll), rumah sakit JIH, apotek, pasar Colombo, tempat ibadah, supermarket, mini market, pusat kuliner Condong Catur, kantor polisi, pusat fashion Gejayan, Hartono Mall, Giant Express, Mirota Pasaraya, Superindo, hingga Sleman City Hall. (Ive)