Wisata Editor : Agung Purwandono Minggu, 24 Maret 2019 / 04:52 WIB

Janji Roastery, Upaya Tarik Anak Muda ke Museum Melalui Kopi

YOGYA KRJOGJA.com - Museum Kirti Griya ramai didatangi pecinta kopi, Sabtu, (23/03/2019). Pemilihan lokasi acara yang diselenggarakan oleh Klinik Kopi dan Cornellia & Co- PR & Marketing Agency ini dimotivasi oleh keinginan mendekatkan museum kepada masyarakat dari sisi pendidikan.

Berlatar belakang peningkatan industri lokal di Yogyakarta acara ini mengambil tema  'Janji Roastery'. Ayu Cornellia selaku penanggung jawab acara mengungkapkan saat ini di Yogya tempat ngopi banyak bermunculan.

"Jogja sekarang terkenal dengan kopi dimana-mana, kaya coffee shop kecil dan sebagainya. Makanya kita disini memberi fasilitas untuk membuat bisnis kopi," ungkap alumni Duta Museum Yogyakarta tahun 2014 ini.

Selain itu, pengelola museum Kirti Griya yang Ki Bambang Widodo mengapresiasi acara tersebut yang mampu menarik anak muda untuk datang ke museum.

"Anak muda kalo dipaksa ke museum pada tidak mau, tapi dengan acara yang dikemas dengan ngopi dan museum, mereka wajib mengunjungi museum dengan bukti stempel untuk bisa masuk ke acara," tambah Bambang Widodo yang juga  pengurus Baramus Yogyakarta

Pengunjung dimanjakan dengan 12 tenant yang mampu mengobati rasa penasaran dengan rasa aneka kopi lokal. Beberapa tenant tersebut adalah Cornel Coffee, Satt Micro Batch Roaster, Kedai Riphy, Imba Coffee, Lestari Roasters, Jhons Micro Roastery, Pier Coffee, Space Coffee Roastery, Studio Kopi, Kopi Ketjil, Klinik Kopi dan yang terakhir dari Klaten - Nggone Mbahmu.

Upaya mengedukasi masyarakat juga diselenggarakan dalam bentuk workshop. Cupping: Three Terroir Tasting, product demo: VNT roasting machine, dan diskusi kopi: Untung Rugi Bisnis Roastery.

"Kemudahan sistem dalam membeli tiket melalui pre-sale, Go- tix, Go pay, maupun on the spot diharapakan bisa membantu meningkatkan pengunjung yang datang dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1100 di Museum Pendidikan Indonesia," harap Ayu Cornellia. (KRA-10)