DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 23 Maret 2019 / 14:32 WIB

Tiga Kontainer Surat Suara Tiba di KPU Gunungkidul

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Surat suara pemilihan umum (pemilu) 2019, kembali tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul. Jika sebelumnya yang datang surat suara DPR RI, saat ini sebanyak 3  truk container membawa surat suara baik DPRD kabupaten, Propinsi, DPD RI dan Capres Cawapres.

Surat suara tersebut tiba di Kantor KPU, Kamis (21/03/2019) malam dan langsung dilakukan bongkar muatan hingga, Jumat (22/03/2019). “Tiga kontainer ini membawa seluruh surat suara untuk pemilu,” kata Anggota KPU Gunungkidul Andang Nugroho, Sabtu (23/03/2019).

Diungkapkan, usai dilakukan pemindahan ke gudang KPU, akan segera dijadwalkan untuk sortir dan lipat surat suara. Targetnya sebelum akhir bulan sudah bisa selesai. Sehingga tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan lancar.

Untuk sortir dan lipat suara DPR RI sebanyak 618.012 lembar sudah selesai. Pada sortir tersebut melibatkan 300 pekerja.

“Selanjutnya akan dilakukan sortir surat suara yang baru saja datang. Jika nantinya pekerja kurang, akan dilakukan penambahan. Agar target untuk sortir dan lipat suara ini bisa dicapai,” imbuhnya.

Berkait dengan jadwal kampanye, dilakukan pertemuan dengan partai politik termasuk pemerintah daerah dan instansi terkait. Pada prinsipnya untuk jadwal sudah mengacu dari pusat.

Sementara untuk tempat pelaksanaan, ini dilakukan oleh partai politik dengan mengajukan ijin ke kepolisian dan pihak terkait. “Sehingga nantinya tinggal meneruskan jadwal dari pusat. Untuk lokasi nantinya dari parpol gabungan pengusung paslon akan mengajukan ke pihak kepolisian dan instansi terkait,” jelasnya. (Ded)