Gaya Hidup Editor : Ivan Aditya Sabtu, 23 Maret 2019 / 03:42 WIB

Tips Merawat Motor Vespa Klasik Agar Tetap Sehat

SALAH satu kendaraan klasik yang masih banyak digemari oleh sebagan orang hingga saat ini yakni Vespa. Mengurus motor klasik yang terbilang tua seperti Vespa memang butuh kecakapan dan kesabaran, akan tetapi bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri.

Andinnahar Zain Basroni yang merupakan pemilik bengkel Tawon Lanang ScooterRace mengatakan, merawat motor Vespa klasik cukup mudah dan bisa dilakukan oleh sendiri. berikut tips yang diberikan oleh Andinnahar :

Melakukan pemanasan mesin setiap pagi

Menurut Andinnahar hal yang paling gampang dilakukan untuk menjaga kondisi mesin adalah salah satunya melakukan pemanasan mesin setiap paginya. Pemanasan mesin ini juga berfungsi untuk menjaga mesin agar tetap stabil.

Cek busi secara berkala

Salah satu yang paling sering bermasalah pada motor Vespa Klasik adalah busi. Sistem kerja pada mesin 2 tak memungkinkan timbulnya kerak pada busi, sehingga sistem busi bekerja tidak optimal. Busi yang dikatakan awet tidak berwarna merah bata kehitaman tidak kering, bukan hitam keputih-putihan dan kering. Untuk mengetahui warna yang dikeluarkan busi perlu dicek sekala berkala.

Periksa karburator

Selain busi bagian penting lainnya adalah karburator. Fungsi dari karburator adalah untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Tidak jarang kedapatan karburator kotor dan mengakibatkan jalannya Vespa seperti tersendat-sendat. Agar Vespa berjalan dengan baik perlu dibersihkan bagian karburator, cukup bersihkan bagian pilot jet yang ada dibagian karburator dengan cara dilepaskan kemudian ditiup.

Gunakan oli samping yang berkualitas

Dianjurkan untuk menggunakan oli samping yang berkualitas, paslnya oli samping yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan akan banyak meninggalkan banyak kerak. Sehingga penting menggunakan oli samping berkualitas untuk memperpanjang umur mesin Vespa. (KRA-11)