Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 22 Maret 2019 / 16:12 WIB

PAPPRI Rangkul Musisi di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perstuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dikukuhkan. Para pengurus baru itu bertekad merangkul semua aliran musik dan mengangkat derajat seniman Purworejo.

Ketua DPC PAPPRI Purworejo Slamet Anom Susilo mengatakan lembaganya bertekad mewadahi seniman dan menjadi tempat musisi mengembangkan kualitas. "Harapan kami PAPPRI melahirkan musisi terbaik dan memberi kontribusi bagi Purworejo," ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Jumat (22/3).
  
Menurutnya, seni musik memiliki akar yang cukup kuat di Kabupaten Purworejo. Bahkan eksistensi musik sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. Musisi besar dari Purworejo salah satunya Wage Rudolf (WR) Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selain komponis lagu kebangsaan, Wage kala itu juga berkiprah di jalur musik jazz bersama grup Black and White Makassar.
  
Dikatakan, PAPPRI memiliki peran penting dalam mendukung pembangunan kawasan sekitar. Dalam waktu dekat pemerintah mengoperasikan Bandara NYIA di Kulonprogo dan mulai merintis Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur. "Kedua infrastruktur itu peluang bagi musisi Purworejo untuk berkembang agar bisa diterima publik," ucapnya.

Sementara itu, Agus Bastian mengatakan, lembaga baru tersebut harus bisa mewadahi keberadaan penyanyi, pencipta lagu dan pemusik. Sebagai lembaga yang mewadahi seni, lanjutnya, PAPPRI memiliki kontribusi besar dalam membangun peradaban masyarakat. (Jas)