Gaya Hidup Editor : Agus Sigit Jumat, 22 Maret 2019 / 04:12 WIB

Perhatikan, Ini Tips Agar Tak Terkena Diabetes

YOGYA, KRJOGJA.com – Diabetes Mellitus alias Kencing Manis ternyata salah satu penyakit yang paling banyak ditemui di wilayah Yogyakarta. Bahkan, bukan lagi orang-orang tua, anak muda usia mahasiswa pun banyak yang divonis mengalami sakit yang selama ini diketahui sebagai penyakit keturunan tersebut. 

Dokter Rumah Sakit Sardjito, dr R Bowo Pramono, SpDP-KEMD menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat demi terhindar dari penyakit tersebut. Pertama, pola makan yang sehat dan teratur. Menurut dr R Bowo, seseorang harus memiliki jadwal yang baik dalam melaksanakan makan.

Sebenarnya, tidak ada pantangan makanan sedikitpun. Hanya saja, seseorang harus mampu mengontrolnya agar tidak terlalu berlebih. Selain itu, masyarakat juga harus mau mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

“Semua makanan boleh tapi jumlahnya ini yang harus diatur, jangan sampai berlebihan,” ujarnya kepada KRJOGJA.com beberapa waktu lalu.

Kedua, olahraga secara rutin. Bagi dr R Bowo, tidak perlu memakan cukup banyak waktu untuk melakukan aktivitas ini. Kala ketersediaan waktu yang dimiliki terbatas maka seseorang hanya perlu berjalan kaki atau menaiki tangga.

“Gerak-gerak lah, lebih baik jalan, naik tangga dari pada lift atau senam-senam di rumah pokoknya otot besar bergerak,” imbuhnya.

Ketiga, pikiran yang sehat. Seseorang akan rentan terkena diabetes apabila beban pikirannya sangat berat. Oleh karena itu, dr R Bowo pun menyarankan agar masyarakat berusaha untuk tidak stress dan selalu berpikir positif.

Sebab, kala seseorang berpikiran buruk itu secara tidak langsung akan membuat kadar gula darah di dalamnya menjadi naik.

Terlebih menurut dr R Bowo orang yang stress juga akan melampiaskannya ke makanan. Hal tersebut pun membuat kadar gula darah akan semakin naik.

“Pikiran jangan sampai negatif apalagi stress, karena kalau sudah begitu pasti kadar gula darah akan naik,” pungkasnya. (KRA-01)