DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 21 Maret 2019 / 19:33 WIB

'Nyeleneh', Tak Pajang Foto Kampanye, Caleg Ini Malah Bikin Info Pengalihan Arus

YOGYA, KRJOGJA.com - Cara calon anggota legislatif (caleg) untuk menarik perhatian sangat beragam. Baliho yang mulai tersebar di berbagai titik DIY tampaknya jadi salah satu sarana yang dimanfaatkan demi meraih suara pemilih pada 17 April 2019 nanti. 

Salah satu yang terlihat cukup nyeleneh tersebar di DIY adalah milik satu nama yakni Ivo Yunike Sariani Siregar. Dalam baliho yang tersebar di beberapa titik tersebut sengaja tak dicantumkan foto layaknya yang ada di baliho-baliho lainnya. 

Pun begitu, slogan-slogan dan janji yang biasanya mengikuti foto caleg tak dicantumkan dalam baliho. Malahan berbagai kata-kata dan gambar unik yang ditampilkan. 

Di baliho yang ada di simpang empat Gondomanan misalnya, tertulis himbauan ‘hati-hati pengalihan arus’ yang bukan dimaksudkan karena adanya pekerjaan jalan. Namun, di gambar jalur arah, baliho tersebut menampilkan arah bertuliskan hati dan pada arah lain tertulis suap. Sebuah tulisan melengkapi “hati-hati pengalihan arus tanggal 17 April 2019.”

Ketika dikonfirmasi KRjogja.com, Ivo Yunike mengaku sengaja memilih media kampanye yang unik dan berbeda dari yang lain. “Saya memang ingin tampil beda dengan caleg lainnya karena masyarakat saat ini sudah bosan dengan janji yang tidak ditepati makanya saya buat dengan cara yang unik,” ungkapnya ketika dihubungi Kamis (21/3/2019). 

Sementara terkait baliho yang menyindir politik uang dengan pengalihan arus, Ivo Yunike sendiri mengungkap bahwa ia membawa pesan moral dalam baliho tersebut. “Sebenarnya lewat baliho itu, saya ingin menyampaikan pesan moral bahwa pada 17 April nanti seharusnya kita memilih berdasar hati nurani dan bukan karena uang. Mengajak menyelami diri, apakah memilih berdasar uang atau pilihan hati,” pungkasnya. (Fxh)