Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 21 Maret 2019 / 18:21 WIB

145 Kades Resmi Dilantik, Jadi Agen Pengentasan Kemiskinan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -  Sebanyak 145 kepala desa di 16 kecamatan di Karanganyar resmi bertugas di periode 2019-2025. Para pemenang Pilkades ini dilantik Bupati Juliyatmono di rumah dinasnya, Kamis (21/3).

“Tugas pemerintah untuk menekan angka kemiskinan. Para kades sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten, juga berkewajiban membantunya. Menekan kemiskinan seminimal mungkin, dengan menyisir sampai ke tingkat Rt dan Rw. Kita akan fokus ke situ dengan bantuan para kades,” kata Juliyatmono usai melantik 145 kades.

Ia menyebut, pemerintah kabupaten berbangga karena angka kemiskinan di Karanganyar mengalami penurunan signifikan. Pada 2018, mencapai 10,03 persen dari tahun sebelumnya 12,28 persen.

Sementara itu, 145 kades diambil sumpah dan janji. Nama mereka tertera di SK Bupati Karanganyar no 141/670 tahun 2019 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih se Kabupaten Karanganyar periode 2019-2025. 

Penandatanganan berita acara dilangsungkan secara simbolis oleh Kades Ngunut, Jumantono, Sutarno; Kades Lempong, Jenawi, Yaqub Wardani; Kades Karangbangun, Jumapolo, Elisabeth Wardani; dan Kades Kemuning, Ngargoyoso, Widadi Nur Widyoko. Prosesi dilanjut serahterima jabatan BPD dan kkades secara simbolis di Jumantono dan diakhiri pemberian cinderamata mantan kades di Mojogedang.

“Apresiasi setinggi-tingginya ke mantan kades. Bagi kades yang dilantik, selamat bekerja. Mengabdi sebagai pemimpin di desa untuk menggerakkan potensi yang ada. Ditata lebih baik lagi. Koordinasi lebih baik lagi. Hindari sekecil mungkin kesalahan,” katanya.

Kabag Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Pemkab Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan dari 145 kades terlantik, 40 diantaranya petahana. Sedangkan sisanya wajah baru. (Lim)