DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 21 Maret 2019 / 11:47 WIB

Lima KK Bakal Direlokasi ke Blembeman

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Pemkab Gunungkidul segera merelokasi lima kepala keluarga (KK) yang terdampak bencana longsor, Rabu (06/03/2019) lalu. Bahkan sudah dipersiapkan lahan untuk lokasi 3 KK dari Dusun Pringombo, Natah, Nglipar masing-masing Sukardi, Suparno dan Ariyanto.

Ketiganya akan direlokasi di Dusun Blembeman, Natah dan menempati tanah kas desa dengan mekanisme tukar guling. “Alokasinya berasal dari anggaran Baznas dan swadaya masyarakat,” kata Pelaksana Baznas Gunungkidul Suwarno.

Sedangkan untuk 2 KK masing-masing Adi Wiyono dan Adi Kuswoyo yang semula di Dusun Baturturu, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari akan direlokasi di wilayah setempat pada lokasi yang lebih aman. Dua KK di Padukuhan Baturturu tersebut yang satu sudah dipersiapkan dan yang satu masih menunggu atau dalam proses untuk lokasinya.

“Rencananya akan dibangun rumah layak huni sederhana. Sehingga segera bisa ditempati warga yang direlokasi,” imbuhnya.

Suparno, warga Pringombo Nglipar, mengaku menyambut baik pelaksanaan relokasi. Karena dengan program ini akan memiliki tempat tinggal yang lebih nyaman serta bisa mencegah atau menjauhi terjadinya bencana alam. Termasuk dengan lokasi yang baru, akses menuju rumah juga lebih mudah.

“Karena rumah di lokasi yang lama, tanahnya bergerak. Bahkan sudah bergeser dan membahayakan keselamatan. Jika terjadi hujan dalam waktu yang lama bisa kembali terjadi longsor di lokasi lama,” ucapnya. (Ded)