Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 21 Maret 2019 / 10:13 WIB

Keren.., TVSQ Ternyata Pernah Dua Kali Masuk Guinnes World Record Lho

SEKIRA 16 tahun lalu, grup Kpop debut di bawah naungan SM Entertainment. Kehadiran mereka cukup menggemparkan dunia musik Korea hingga Asia. 

Boy band ini  adalah TVXQ (Tong Vfang Xien Qi) atau biasa disebut juga DBSK (Dang Bang Shin Ki) dan Tohoshinki, yang resmi debut pada  23 Desember 2003 dengan beranggotakan 5 orang, yaitu U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, and Xiah Junsu. Mereka disebut-sebut sebagai salah satu grup Kpop paling legendaris hingga saat ini. Berikut beberapa fakta menarik dari TVXQ yang wajib kamu tahu!

1. Trainee Dengan Bakat Vokal Terbaik

Setiap member TVXQ seharusnya debut sebagai penyanyi solo atau memimpin 5 grup berbeda. Namun, karena masalah keuangan, SM Entertainment memilih trainee paling berbakat dan membentuk TVXQ sebagai grup acapella-dance. Lee Soo Man menyatakan bahwa dari beberapa tim yang berbeda, ia memilih member terbaik dari masing-masing dan menyatukan mereka untuk membuat tim ‘liga utama’. Tim itu adalah TVXQ.

2. Menyelamatkan Industri Kpop

Pada awal 2000-an, masyarakat Korea mulai kehilangan minat mereka pada grup idol sehingga industri K-Pop mulai sekarat karena masalah keuangan. Saat TVXQ memulai debutnya pada tanggal 26 Desember 2003 dengan ‘Hug’, mereka segera menarik perhatian semua orang. Saat itu penjualan musik digital nggak relevan dan menjual 100 ribu album kaset, yang murah, dianggap sukses besar. Pada 2004, album debut TVXQ ‘Tri-angle’ dan single album ‘Hug’ dan ‘The Way You Are’ terjual lebih dari 800 ribu album CD. Mereka mendapatkan popularitas besar di Asia ketika mereka kembali pada 2008 dengan Mirotic dan membuka jalan bagi K-Pop di Asia. 

3. Tidak Ada Pekerjaan Solo
Meskipun mereka seharusnya memulai debut sebagai artis solo pada awalnya, SM Entertainment pada tahun 2008 menyatakan, “TVXQ tidak akan melakukan pekerjaan solo di masa depan atau kami juga tidak memiliki rencana untuk itu. TVXQ adalah grup yang mengutamakan grup dan tim.” Akhirnya, Changmin dan Yunho merilis mini album pada tahun 2015 tapi mereka tidak mempromosikannya secara solo.

4. Rising Sun dalam Fast & Furious 4

Judul lagu album kedua TVXQ ‘Rising Sun’ ditampilkan dalam film blockbuster ‘Fast & Furious 4,’ selama adegan pembuka Paul Walker.

5. DUA Kali Masuk di Guinness World Record

TVXQ masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai ‘memiliki klub penggemar-resmi-berbayar terbesar’ pada tahun 2008. Selain dari klub penggemar internasional dan klub penggemar resmi Jepang BigEast; klub penggemar resmi Korea, Cassiopeia, memiliki lebih dari 800.000 anggota. Klub penggemar TVXQ Korea ditutup pada tahun 2009, setelah perpecahan TVXQ.

TVXQ juga memasukkan nama mereka ke dalam Guinness Book of World Records sebagai grup yang paling banyak difoto pada tahun 2009. Melalui kegiatan resmi mereka, grup ini difoto lebih dari 500 juta kali! .(*)