DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 21 Maret 2019 / 09:52 WIB

Di Kulonprogo, Ban Mobil Dikempesi, Rp 500 Juta Digondol Maling

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Aksi pencurian dengan pemberatan (curat) terjadi di jalan Muh Dawam pedukuhan Driyan kelurahan Wates atau tepatnya sebelah selatan perlintasan rel KA barat Stasiun Wates Kulonprogo, Rabu (20/03/2019) sekitar pukul 11.00 WIB. Kejadian tersebut menimpa peternak semut rangrang, Kusman (43) warga Suruhan Karangsari Pengasih. Uang tunai sebesar Rp 500.000.000 yang berada di tas yang ditaruh dalam mobil raib dibawa kabur maling.

Berdasarkan informasi di lapangan, diduga korban telah diincar pelaku sejak berada di bank dengan cara menaruh sejenis paku yang berlubang di tengah ban belakang sebelah kiri agar kempis secara perlahan. Pelaku membuntuti mobil kemudian memanfaatkan kelengahan korban saat berhenti mengganti ban.

Kusman menuturkan, dirinya baru saja mengambil uang tunai sebesar Rp 500.000.000 di salah satu bank swasta di wilayah Wates. Pada saat perjalanan pulang mengendarai mobil Mitsubishi Pajero Nopol AB 605 IH diberitahu pengendara motor, ban mobilnya kempis. Kemudian berhenti di lokasi kejadian untuk memeriksa ban mobil.

Saat mendongkrak mobil untuk mengganti ban belakang, diberitahu ibu pedagang di sekitar lokasi, ada orang yang mengambil tas dari dalam mobil. ”Setelah saya periksa tas, ternyata uang yang baru saja saya ambil dari bank telah raib. Selain itu ada dompet berisi SIM A, SIM C, STNK dan sejumlah uang tunai ikut amblas. Saya tidak melihat pelakunya karena sedang mendongkrak mobil. Uang tersebut rencana untuk membayar dagangan,” terangnya.

Saksi mata, Sutinah (52) mengatakan, saat itu kondisi jalan dalam keadaan sepi dan kejadiannya cepat. Pelakunya dua orang laki-laki mengendarai sepeda motor Honda Supra warna merah. Satu orang pelaku mengenakan helm warna merah duduk di atas motor menunggu di seberang jalan.

"Sedangkan temannya yang berbadan gempal, mengenakan topi berjalan menghampiri mobil sambil memegang HP sedang menelepon. Orang itu membuka pintu lalu mengambil tas dari dalam mobil kemudian berboncengan kabur. Saya kira tadi temannya datang akan membantu," jelasnya.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo Polda DIYAKP Sujarwo ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih meminta keterangan korban dan saksi. ”Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap pelakunya,” ujarnya. (*-32)