Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 21 Maret 2019 / 05:16 WIB

Bupati Purworejo Semangati Korban Banjir

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengunjungi pengungsi korban banjir di sejumlah desa Kecamatan Bagelen dan Purwodadi, Rabu (20/3). Bupati ingin memastikan jajaran di bawahnya melaksanakan tugas dengan baik dalam melayani korban bencana.

Agus Bastian didampingi jajaran OPD yang bertugas menangani bencana mengawali kunjungan ke pos pengungsian di Masjid Al Mustakim Dusun Bojong Desa Bapangsari. Bupati sempat keliling permukiman di Bojong dan berdialog dengan warga. Bupati menyemangati warga dan meminta mereka bersabar menghadapi bencana. "Insyaallah segera normal kembali, tetapi kalau butuh bantuan, silakan warga datang ke posko," ungkap Agus Bastian kepada KRJOGJA.com.

Kunjungan dilanjutkan ke Desa Karangjambu Dadirejo, lalu ke SD Karangsari dan Desa Kebonsari di Kecamatan Purwodadi. "Melihat kondisi sekarang genangan sudah surut di sebagian besar wilayah, warga mulai beraktivitas membersihkan rumah dan lingkungan," tuturnya.

Menurutnya, banjir besar Sungai Bogowonto memang hal yang luar biasa, namun bukan tanpa dapat diprediksi. Masyarakat, lanjutnya, harus memahami bahwa Kabupaten Purworejo itu rawan bencana termasuk banjir.

Untuk itu, masyarakat dan pemerintah harus mempersiapkan diri menghadapi bencana. "Ketika ada bencana kita harus siap, seperti sekarang ini. Dinas terkait dan BPBD mengambil langkah cepat, mengantisipasi jatuhnya korban, melakukan evakuasi, hingga membuat pos pengungsian, alhamdulillah tidak ada korban jiwa," terangnya.

Agus Bastian memastikan bahwa seluruh kebutuhan logistik warga terdampak banjir akan tercukupi. Pemerintah, lanjutnya, masih memiliki stok logistik yang cukup untuk masyarakat.

Bupati juga mengimbau masyarakat untuk waspada dan hati-hati. "Sebab cuaca menjelang pergantian musim itu kadang turun hujan ekstrim yang cukup lama. Tingkatkan komunikasi dan buat jejaring dengan tim penanggulangan bencana di kabupaten, jika ada info bencana segera patuhi perintah untuk mengungsi," tandasnya. (Jas)