Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 20 Maret 2019 / 14:28 WIB

Korban Banjir Dadirejo Butuh Air Bersih

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Ratusan keluarga korban banjir di Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Puworejo kesulitan air bersih. Ratusan sumur tercemar akibat kemasukan air luapan Sungai Bogowonto. Ratusan warga di Dusun Bojong Bapangsari Bagelen juga masih mengungsi di masjid setempat.

Debit Sungai Bogowonto sudah normal, namun genangan masih terjadi di beberapa titik. "Untuk desa kami tinggal genangan di pekarangan, tidak ada yang masuk rumah," ujar Kepala Desa Dadirejo Ma'ful Nuraini, Selasa (20/03/2019).

Sebanyak 250 kepala keluarga (KK) di Dadirejo mulai menjalankan aktivitas di rumah, namun sebagian besar belum kembali bekerja. Mereka masih fokus membersihkan rumah dan perabot yang kotor kena lumpur.

Adapun untuk mencukupi logistik, korban disuplai makanan dari dapur umum Dusun Bojong Bapangsari. "Termasuk minum juga dapat bantuan air kemasan. Kami berharap pemkab menyalurkan bantuan air bersih dan tandon penampungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Sutrisno menuturkan, pemkab siap menyalurkan bantuan air bersih. "Untuk tandon nanti akan kami pinjami. Bantuan terus hingga sumur bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan warga," ucapnya. (Jas)