Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 20 Maret 2019 / 20:11 WIB

SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga Ujian Gunakan Android

PURBALINGGA, KRjogja.com – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga menggunakan android (smartphone) sebagai sarana menjawab soal. Penggunaan android hanya pada USBN dengan ciri khusus. USBN berbasis android itu merupakan instruksi dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jateng.

“Ciri khusus itu ujian mata pelajaran yang hanya ada di sekolah Muhammadiyah seperti akidah, fiqih dan Kemuhammadiyahan. Sedangkan, pada ujian nasional mendatang, siswa tetap akan menggunakan komputer sebagai media,” tutur petugas Humas SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga, Samsul Hidayah, Rabu (20/3).

Penggunaan telepon cerdas itu, lanjut Samsul Hidayah, untuk menyesuaikan zaman yang sekarang dikenal dengan istilah revolusi industry 4.0. Menurutnya, perkembangan teknologi yang begitu pesat harus diikuti semua bidang tak terkecuali dalam bidang pendidikan yang memudahkan peserta didik. Dalam teknis ujian menggunakan android itu, siswa harus mengunduh aplikasi lebih dahulu.

Karena tidak semua siswa SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga memiliki ponsel cerdas itu, pihak sekolah tetap menyediakan computer untuk mengikuti USBK tersebut. Sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian tersebut.

“350 siswa peserta USBK bisa mengikuti ujian dengan baik tanpa adanya keluhan seperti tersendatnya jaringan,” ujarnya.

Selain sekolah tersebut, SMK Muhammadiyah 2 Purbalingga di Bobotsari dan SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga juga menyelenggarakan ujian dengan penggunaan alat serupa. (Rus)