DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Maret 2019 / 14:13 WIB

Proses Pengaspalan NYIA Terpaksa Terhenti

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Beberapa sudut lokasi proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) tergenang air akibat guyuran hujan terus-menerus sepanjang Minggu (17/03/2019) hingga Senin (18/03/2019) pagi. Akibatnya pekerjaan pengaspalan Bandara Internasional Yogyakarta tersebut terpaksa dihentikan untuk sementara waktu.

Project Manager Pembangunan NYIAPTAngkasa Pura (AP) I Taochid Purnama Hadi membenarkan sejumlah titik lokasi proyek NYIA tergenang air. Penyebabnya sistem drainase di kawasan proyek NYIA masih dalam proses pengerjaan dan belum sepenuhnya saling terhubung.

Selain itu, pihak rekanan yang menggarap proyek juga membuat sodetan pada areaarea yang berbatasan langsung dengan permukiman penduduk. Sodetan berfungsi sebagai proteksi agar limpahan air dari dalam area proyek tidak keluar mengarah ke permukiman warga sekitar. ”Akibatnya, beberapa area di dalam lokasi proyek menjadi tergenang,” kata Taochid Purnama Hadi.

Diungkapkan, kondisi air masih menggenang hingga Senin (18/03/2019) siang sehingga mengganggu pekerjaan pembangunan NYIA, terutama pekerjaan pengaspalan landasan pacu (runway) yang terpaksa berhenti sementara waktu. Seperti diketahui, saat ini PT AP I melalui mitra kerjanya, PT Pembangunan Perumahan (PP)-KSO sedang mengerjakan runway NYIA dan ditargetkan selesai awal pekan ini.

Taochid membantah area runway yang sedang dalam pengerjaan pengaspalan tergenang banjir, melainkan lebih disebabkan pekerjaan runway memang tidak boleh dilakukan pada saat hujan atau basah. ”Kami masih menunggu agar cuaca benar-benar terang agar pekerjaan aspal bisa dilanjutkan,” tutur Taochid. (Rul)