Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 19 Maret 2019 / 20:57 WIB

Banjir Bogowonto Surut, Warga Bersih-bersih

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Genangan banjir di Kabupaten Purworejo mulai surut, Selasa (19/03/2019). Warga di sejumlah desa terdampak mulai melakukan kerja bakti membersihkan rumah dan lingkungan sekitar.

Kadus Bojong Desa Bapangsari Kecamatan Bagelen Junaedi mengatakan, genangan di sebagian wilayah dusunnya sudah surut. "Tidak lagi menggenangi dalam rumah, masih ada sebagian yang tergenang yang tinggalnya dekat sungai," ujarnya kepada KRJOGJA.com.

Kesempatan tersebut dimanfaatkan warga untuk membersihkan rumah dan perabotan dari lumpur. Mereka memanfaatkan air genangan dan sumur untuk menggelontor lumpur.

Selain membersihkan rumah, warga juga kerja bakti lingkungan. Akses yang terendam banjir, menyisakan lumpur dan menyebabkan jalan licin.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Sutrisno mengemukakan, banjir dilaporkan masih menggenani di Desa Bapangsari Bagelen, Kebonsari dan Karangsari Purwodadi serta Laban Ngombol. Sebagian besar warga telah beraktivitas normal, namun ada yang masih bertahan di pengungsian. (Jas)