DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 20 Maret 2019 / 03:43 WIB

PT DIY Canangkan Pembangunan Zona Integritas


YOGYA, KRJogja.com - Pengadilan Tinggi (PT) Yogyakarta melakukan berbagai langkah Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI)  dengan meningkatkan kinerja  dan pelayanan. Diantaranya dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk pelayanan administrasi perkara dan umum, maupun informasi publik. 

"Seluruh Pengadilan Negeri se DIY telah melaksanakan," tegas Ketua PT Yogya H Suripto SH saat Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wllayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan PT Yogyakarta, Selasa (19/3).

Disebutkan reformasi birokrasi lainnya dengan Sistem lnformasi Penelusuran Perkara (SIPP), Sistem penanganan perkara pidana secara terpadu berbasis Teknologi lnformasi (SPPT-Tl) , Directon‘ Putusan secara elektronik, E-Court, Sistem Arsip Perkara, Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS). 

"Zona Integritas adalah predikat yang diberikan pada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan  WBK dan Wllayah Birokrasi Bersih dan Melayani WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya dalam pencegahan korupsi peningkatan kualitas pelayanan publik," tegasnya.

Pencanangan dihadiri Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X, Kapolda DIY Irjen Polisi Ahmad Dofiri, pejabat atau yang mewakili Danrem,  Kajati, Kepala Pengadilan Agama, Danlanud, Danlanal, Kakanwil Hukum dan HAM, Perwakilan Ombudsman, juga jajaran Hakim PT Yogya, Ketua Pengadilan Negeri (PN), Ketua PA, Ketua Pengadilan Militer, PTUN, Panitera.

Wagub KGPAA Paku Alam X membacakan sambutan Gubernur DIY,  menyampaikan apresiasI sebagai momentum  langkah awal dalam pemberantasan korupsi. "Perlu diimplementasikan untuk menegakkan prinsip rule of law, memperkuat budaya hukum dan memberdayakan masyarakat dalam proses pemberantasan korupsi dengan komitmen kuat mewujudkan wilayah birokrasi yang bersih dari tindak korupai dan terus melayani," tegas Wagub. (M-3)

Diawali  penandatanganan Dokumen Piagam dan Pakta Integritas yang  kemudian Jajaran Pimpinan, Hakim Pengadilan Tinggi Yogyakarta dipimpin Ketua PT Yogya membacakan Pakta Integritas. Dilanjutkan kemudian Wagub, dan jajaran Muspida, pejabat terkait ikut menandatangani Piagam Pencanangan. (M-3)