Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 20 Maret 2019 / 06:06 WIB

Topang Industri Pariwisata, UMS Gandeng Universitas Mesir


SOLO, KRJOGJA.com - Bersama Suez Canal University Mesir, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merintis pembukaan program studi Pariwisata dan Manajemen Perhotelan. Prodi baru ini mendapat prioritas karena lukusannya masih sangat dibutuhkan Indonesia untuk menopang perkembangan sektor pariwisata.

"Ya kita menyiaplan pembukaan ptodi pariwisata dan manajemen perhotelan. UMS bekerjasama dengan Suez Canal University," jelas rektor UMS Dr Sofyan Anif MSi usai menandatangani MoU dengan Suez Canal University Mesir di gedung Siti Walidah Pabelan, Selasa (19/3).

Dari pihak Suez Canal University diwakili Dekan Fakultas Pariwisata dan Manajemen Perhotelan Prof Dr Nadia Hussein Ahmed Maher.  Untuk mematangkan rencana di atas Dr Sofyan Anif akan bertolak ke Mesir. "Di sana kami membahas dan mematangkan rencana pendirian prodi pariwisata."

Menurut Prof Nadia, pariwisata memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi APBN. Banyak negara penasukan utama dari pariwisata. "Jadi pariwisata mampu menjadi penopang negara. Dan hubungan bilateral Indonesia Mesir mampu mambantu pertumbuhan dunia pariwisata."

Ceramah Prof Nadia tersebut menguatkan UMS untuk membuka prodi pariwisata. Apalagi di Jateng DiY belum banyak yang memiliki.-(Qom)