Jateng Editor : Ivan Aditya Senin, 18 Maret 2019 / 20:15 WIB

Sampah Menggunung jadi Pemandangan Baru di Purbalingga

PURBALINGGA, KRJOGJA.com - Gunungan sampah bertebaran di sejumlah sudut kota Purbalingga. Volume sampah itu terus bertambah karena petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tidak mengangkut sampah itu sejak beberapa hari lalu.

Dua lokasi TPS di kawasan kota tumpukan sampahnya semakin menggunung. Seperti di TPS kawasan Stadion Goentoer Dardjono dan TPS kompleks Pasar Segamas. Tumpukan sampah sudah hampir melebar sampai di ruas jalan.

"Beberapa hari hujan. Sampah itu menjadi busuk dan baunya kemana-mana," tutur Dinar, warga Kelurahan Purbalingga Kidul, Senin (18/03/2019) sore.

Dinar yang rumahnya hanya 30 meter dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah itu mengaku stress karena berhari-hari diteror bau sampah yang membusuk. Sampah yang menumpuk itu akibat akses jalan masuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Bedagas Pengadegan sejak pekan lalu sedang diperbaiki.

Akibatnya, truk pengangkut sampah tidak bisa masuk. Sementara Pemkab tidak menyiapkan lahan pengganti untuk sementara. "Akses jalan masuk sedang diperbaiki supaya lebih representatif. Saat ini kami sedang mencari tempat penampungan sementara, ya untuk satu Minggu ke depan lah," tutur Plt Bupati Dyah Hayuning, Pratiwi.

Tiwi menambahkan, beberapa lokasi alternatif sedang dikaji kelayakannya. Baik dari akses jalan, maupun jarak dari pemukiman. (Rus)