Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 18 Maret 2019 / 14:40 WIB

Padepokan Pencak Silat Harimau Putih Lestarikan Budaya Bangsa


KENDAL, KRJOGJA.com - Harimau Putih adalah perguruan pencak silat satu-satunya yang lahir asli dari Kendal yang telah melahirkan ribuan pesilat-pesilat berprestasi dari tingkat daerah sampai nasional. 

Padepokan Pencak Silat Harimau Putih komitmen untuk terus melestarikan budaya pencak silat yang asli lahir dari Kaliwungu, Kabupaten Kendal tedsebut. Untuk mencari pesilat tangguh sebagai penerus padepokan maka kegiatan turnamen pencak silat harus sering dilalsanakan. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Gus Tommy Guru Besar Padepokan Harimau Putih. 

Salah satu kegiatannya yaitu kejuaraan Championship I Piala Gus Tommy Guru Besar 2019 yang dilaksanakan di SMK NU 01 Kendal, Jawa Tengah kemarin. Kegiatan yang berlangsung 16-17 Maret 2019 mendapatn antusias masyarakat karena banyak yang mengikuti.  186 peserta yang terdiri dari 20 SD/MI, 18 SMP/MTs dan 16 SMA/SMK/MA di Kabupaten Kendal.

"Ini sebagai bentuk komitmen kami melestarikan budaya pencak silat, yang mana Pencak Silat Harimau Putih ini berdiri sejak tahun 1987 yang didirikan oleh KH. Istihar asli putra daerah Kaliwungu Kendal," ujar Gus Tommy Senin (18/3).

Dia berharap pencak silat Harimau Putih yang asli dari Kabupaten Kendal ini bisa semakin besar dan menyebar ke seluruh Nusantara, serta mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kendal, khususnya Bupati kendal untuk lebih meningkatkan prestasi. (Ung)