Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 18 Maret 2019 / 10:54 WIB

Longsor Terjang Purworejo, Warga Diungsikan

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Hujan sehari semalam yang mengguyur Kabupaten Purworejo menyebabkan bencana tanah longsor di beberapa desa, Minggu (17/3). Tidak ada korban dalam rangkaian peristiwa itu, namun sejumlah warga diungsikan ke lokasi aman. Longsor terjadi di sedikitnya sembilan desa. 

"Sementara terdata di Kecamatan Kaligesing, Bener, Loano, Purworejo dan Kemiri," ujar Plt. Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, R Iman Tjiptadi, kepada KRJOGJA.com.

BACA JUGA :

Bogowonto Meluap, Desa Bantaran Sungai Tergenang

Cegah Banjir Susulan, Warga Gotong Royong Perkuat Tanggul

Bencana dilaporkan terjadi di Desa Legeran Kecamatan Bener berdampak pada enam rumah. Sementara di Kecamatan Kaligesing, longsor merusak tiga rumah di Jatirejo, satu di Purbowono dan Kaligono satu bangunan. Satu rumah di Sidomulyo Purworejo dan satu Kaliglagah Kemiri juga diterjang tanah.

Selain bangunan rumah, longsor juga menutup akses di Desa Kaliharjo Kaligesing dan akses Somongari - Kemanukan. "Juga ada laporan tanah gerak di Desa Kalikalong Loano," ungkapnya.

Menurutnya, tim bergerak melakukan pemantauan. Selain itu, pihak BPBD meminta kepala desa mengungsikan warga terdampak ke lokasi aman. "Warga sudah diungsikan ke lokasi aman, titik bencana juga terus dipantau. Kami minta warga waspada karena hujan lebat masih mengguyur," ucapnya.(Jas)