DIY Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 17 Maret 2019 / 15:26 WIB

Sardjito Fair Sosialisasikan Layanan dan Program

HARI ULANG TAHUN  ke-37 RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dimeriahkan  'Sardjito Fair' di arena Car Free Day, Toegoe Jogja Festival di sepajang Jalan Margo Utomo Yogyakarta, Minggu (17/3). Ini menjadi program tahunan untuk menyosialisasikan program dan layanan yang dimiliki RSUP DR Sardjito. 

"Selain menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), juga agar masyarakat tahu apa yang sudah dilakukan RSUP Sardjito dan program-program unggulan yang dimiliki," terang Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Yogya, Dr dr Darwito SH SpB(K)Onk saat acara pembukaan.

BACA JUGA :

HUT ke 37, RSUP Sardjito Makin Dekat dengan Masyarakat

Waspada, Diabetes Picu Kelumpuhan Hingga Kematian!

KLHK Ajarkan Pendidikan Lingkungan Lewat Permainan

Sardjito Fair diawali senam Germas bersama sivitas hospitalia RSUP Dr Sardjito dan pengunjung car free day. Selain Darwito, turut bersenam antara lain, Sekda DIY Gatot Saptadi, Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaningastutie, Direktur Utama PT BP Kedaulatan Rakyat dr Gun Nugroho Samawi dan jajaran direksi RSUP Dr Sardjito. Hadir pula Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM Prof dr Ova Emilia MMedEd PhD SpOG(K). 

Setelah senam ditampilkan sejumlah persembahan di antaranya Senam Edan-edanan oleh para penyintas kanker dan relawan dari Yayasan Kanker Indonesia DIY serta hand hygiene dance dari karyawan RSUP Dr Sardjito. Acara semakin meriah dengan pembagian doorprize. 

Sardjito Fair menampilkan seluruh potensi dari unit-unit yang ada di RSUP Dr Sardjito. Seperti Klinik Infertilitas Permata Hati, Instalasi Kesehatan Reproduksi yang memberikan informasi mengenai subfertilitas atau problem kegagalan mendapatkan kehamilan pada pasangan. KSM Jantung dan Pembuluh Darah memberikan layanan rekam jantung (EKG), screening fibrilasi atrium jantung dan edukasi kesehatan. 

Lalu ada stan KSM Kesehatan Anak yang memberikan penjelasan mengenai stunting (anak bertubuh pendek), apa penyebab stunting dan bagaimana mencegah stunting. Ada pula stan dari instalasi gizi, poliklinik psikiatri, promosi kesehatan, layanan pendaftaran online, instalasi gawat darurat yang memberikan penjelasan mengenai alur pasien (IGD). 

Disela Sardjito Fair diadakan talkshow bertema cangkok ginjal menghadirkan narasumber Ketua Tim Transplantasi Ginjal RSUP Dr Sardjito, Dr Iri Kuswadi SpPD-KGH. Ada juga talkshow bersama dokter ahli penyakit dalam yang diadakan KSM Ilmu Penyakit Dalam. Divisi Oftalmologi Komunitas Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK-KMK UGM dan RSUP Dr Sardjito bakti sosial deteksi dini kesehatan mata anak dan pemberian kacamata gratis. Tak hanya itu, dalam rangka pekan glaukoma dunia digelar pemeriksaan mata. Selain pekan glaukoma, juga diperingati Hari Ginjal Sedunia bertema 'Kindey Health For Everyone Everywhere'. (Dev)