DIY Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 17 Maret 2019 / 12:07 WIB

HUT ke 37, RSUP Sardjito Makin Dekat dengan Masyarakat

YOGYA, KRJOGJA.com - Tahun 2019 ini menandai RSUP dr. Sardjito telah beroperasi selama 37 tahun. Memaknai usia yang semakin matang, dr Darwito selaku direktur berkomitmen agar rumah sakit yang dipimpinnya makin dekat dengan masyarakat.

"Sejalan dengan visi pemerintah, kita terus galakkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas). Tidak bisa tidak, karena harapan kita masyarakat makin sehat dan makin produktif menjalani kesehariannya," ujar Darwito dalam Pembukaan Sardjito Fair dalam Toegoe Djogja Festival, Minggu (17/02).

Guna mewujudkan kedekatan tersebut, kata Darwito RSUP Sardjito secara berkelanjutan mengadakan promosi kesehatan kepada masyarakat. Fasilitas kesehatan yang dimiliki rumah sakit juga terus didorong untuk bisa diakses masyarakat luas.

Penyediaan layanan kesehatan juga dilakukan RSUP lewat merangkul masyarakat untuk terlibat. Misalnya dengan memulai gaya hidup sehat serta memberikan donor darah ataupun organ berdasarkan kesukarelaannya. "Sehingga kita sama-sama menghadirkan manfaat," imbuh Darwito.

Sementara Sekretaris Daerah DIY Gatot Saptadi, RSUP Sardjito juga mendekatkan diri kepada masyarakat lewat mengkoordinir fasilitas kesehatan yang lebih kecil di penjuru provinsi.

Di DIY sebutnya, ada 120 puskesmas, 80 rumah sakit tipe B,C,D, dan banyak klinik publik maupun swasta yang menjadikan RSUP Sardjito sebagai rujukan terakhir. Sebagai indukan, Sardjito terus berperan menyediakan pelayanan kesehatan jika kasus tidak bisa ditangani di fasilitas kesehatan yang lebih kecil.

"Jadi mereka dirujuk ke Sardjito, lalu mendapatkan pelayanan. Sambil (RSUP) Sardjito koordinasikan rumah sakit lain, promosi, serta hadirkan pelayanan optimal. Itu cara agar orang dekat dan familier dengan (RSUP) Sardjito," pungkas Gatot. (KRA-02)